Belajar Office

Pengertian Microsoft Powerpoint dan fungsinya

Advertisement Kita sering melihat orang membuat presentasi dengan menggunakan aplikasi dari Microsoft yaitu Microsoft Powerpoint. Microsoft Powerpoint merupakan salah satu software atau...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Pengertian Microsoft Powerpoint
Advertisement

Kita sering melihat orang membuat presentasi dengan menggunakan aplikasi dari Microsoft yaitu Microsoft Powerpoint. Microsoft Powerpoint merupakan salah satu software atau aplikasi di dalam keluarga Microsoft Office yang di dalamnya terdapat Word dan Excel. Sebenarnya apasih pengertian Microsoft Powerpoint itu?

Saya yakin hampir semua dari makhluk di bumi ini termasuk orang Indonesia menggunakan Microsoft Powerpoint. Mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, orang kantoran hingga seorang marketer. Untuk apa software satu ini? Tentu saja untuk menampilkan sebuah presentasi sehingga lebih bagus.

Pengertian Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint adalah sebuah software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Dengan menggunakan aplikasi atau software ini, sesorang bisa dengan mudah membuat presentasi dalam bentuk yang lebih profesional.

Yang perlu sahabat Ikirangga ketahui bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh Dennis Austin dan Bob Gaskins.

Fungsi aplikasi ini

Seperti halnya aplikasi lainnya, Microsoft Powerpoint juga dibuat dengan tujuan tertentu. Apa saja fungsi dari aplikasi ini? Ada tiga fungsi utama dari Microsoft Powerpoint yang wajib kita ketahui.

  1. Memudahkan pembawa materi untuk menyampaikan materi yang akan disampaikan. Mengapa? Karena disampaikan dalam bentuk slide yang mana 1 slide dibentu untuk 1 pembahasan sehingga tertata dengan rapi.
  2. Jika untuk pemateri hal ini menjadi lebih mudah maka hal yang sama dialami oleh yang melihatnya. Yang melihatnya siapa? Tentu saja audience yang melihat presentasi ini.
  3. Penyajian yang menarik tentu saja menjadi salah satu fungsi dari powerpoint. Adanya animasi yang bisa kita buat seperti gambar atau kata – kata dalam presentasi. Hal ini akan membuat audience tidak bosan ketika melihatnya.

Hal menarik dari Powerpoint

Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang fungsi utama Microsoft Powerpoint dan ternyata ada hal yang menarik lainnya. Apakah hal yang menarik dari aplikasi ini? Menggunakan Powerpoint sebagai aplikasi design. Bagaimana bisa?

  1. Sebenarnya fungsi sebagai aplikasi design tidak jauh dari fungsinya sebagai media presentasi. Pada hal ini kita membuat media presentasi untuk kontent di Instagram menjadi lebih menarik.
  2. Sejak Microsoft Office 2019, kita bisa convert hasil presentasi di powerpoint menjadi bentuk video. Format video yang dihasilkan adalah mp4.

Apakah teman – teman tertarik untuk mempelajari Powerpoint lebih dalam? 

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang telah saya bagikan ini berguna untuk kita semua. Ikirangga butuh bantuan teman – teman untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *