Belajar Office

Cara mudah membuat droplist di Microsoft Excel

Advertisement Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mudah memilih font di Microsoft Word dan sekarang kita akan membahas tentang Microsoft Excel. Sama...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
cara membuat droplist di Office Excel
Advertisement

Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mudah memilih font di Microsoft Word dan sekarang kita akan membahas tentang Microsoft Excel. Sama halnya dengan Microsoft Word, Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi dari paketan Microsoft Office yang salah satu fungsinya untuk mengolah data. Ada salah satu fungsi yang cukup terkenal dan sangat berguna yaitu droplist. Bagaimana cara mudah membuat droplist di Microsoft Excel? Kita akan bahas di artikel kali ini dengan sangat mudah dimengerti.

cara mudah membuat drioplist excel di microsoft excel

Saya yakin kita pernah kita mengisi sebuah form yang menggunakan Microsoft Excel dan kita menemukan salah satunya droplist. Jadi ketika kita mengisinya tidak lagi mengetikkan satu per satu tapi hanya klik panah dan memilih salah satu. Sebelum kita membahas tentang cara membuat droplist mari kita kenalan terlebih dahulu dengan droplist ini.

Apakah droplist itu?

Droplist adalah salah satu fungsi yang terdapat di Microsoft Excel di mana kita bisa membuat batasan input dari sebuah form. Dengan menggunakan fungsi droplist ini, diharapkan kita akan terhindar dari kesalahan input. Kita bisa membuatan batasan berupa waktu, tanggal dan nilai teks yang sudah ditentukan.

Cara mudah membuat droplist

Setelah kita mengetahui apa itu droplist? Sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat droplist itu. Berikut ini adalah langkah mudah untuk membuat droplist di Excel.

  1. Buka terlebih dahulu Microsoft Excel yang ada di PC teman – teman.
  2. Setelah itu kita siapkan data yang akan kita buat untuk droplistnya. Berapa banyak untuk datanya mas Rangga? Itu sesuai dengan kebutuhan saja, bisa 5 buah data lebih.membuat data droplist
  3. Setelah data tersebut sudah kita siapkan lalu kita siapkan menu yang akan menarik data yang disiapkan pada langkah kedua. Pilih menu data kemudian klik Data Validation dan akan muncul sebuah menu pop up.pop up data validation untuk membuat droplist
  4. Pada menu pop-up terdapat tab setting yang akan kita gunakan untuk melakukan konfigurasi. Pada tab setting terlihat ada menu Allow lalu pilih valuenya dari any value menjadi list.kita sudah mengubah menjadi list value untuk membuat droplist
  5. Setelah menjadi list untuk nilai valuenya, sekarang kita akan isi data nya dengan data yang telah disiapkan pada langkah kedua tadi .mengisi data untuk membuat droplist
  6. Sekarang data sudah terisi dan saatnya kita klik OK untuk menyatakan bahwa langkah ini sudah selesai.data sudah terisi sehingga sudah siap untuk menjadi droplist

Penampakan dari cara mudah membuat droplist di Excel

6 langkah sebelumnya sudah kita lalui sebagai proses untuk membuat droplist di Microsoft Excel. Bagaimana penampakan dari droplist Exel yang telah kita buat?

Setelah menjadi droplist

Fungsi dari droplist

Sesuatu dibuat itu diharapkan mempunyai fungsi dan berguna ketika digunakan. Ini juga berlaku untuk menu droplist. Apa saja fungsi yang kita dapat dari menggunakan menu droplist?

#1 Terhindar dari kesalahan input data

Dengan memberikan batasan dalam penginputannya, fungsi droplist dapat menghindarkan kita dari kesalahan input. Mengapa? Karena batasan ini seperti database yang sudah kita siapkan terlebih dahulu. Batasan itu bisa berupa waktu, tanggal, angka atau data yang lain sehingga tidak akan terisi data diluar data yang telah disiapkan.

#2 Mempermudah input data

Seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa data yang kita input telah kita siapkan sebelumnya maka akan mempermudah dalam pengisian. Jadi tidak ada lagi istilahnya mengetik manual satu per satu untuk data tersebut. Pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan fungsi droplist.

Bagaimana teman – teman mudah bukan cara membuat droplist di excel? Saya yakin teman – teman pasti bisa membuat ini dirumah.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang dibagikan di sini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini di media sosial supaya lebih banyak yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *