Transfer BI Fast mandiri ke bank lain dengan biaya murah

Transfer BI Fast mandiri ke bank lain dengan biaya murah

Posted on

Transfer antar bank adalah sebuah momok bagi sebagian orang karena menimbulkan biaya yang tidak sedikit. Kan biayanya hanya Rp 6.500,- saja?  Biaya segitu mungkin untuk satu kali transaksi masih bisa tapi bagaimana jika melakukan transaksi rutin. Ada sebuah solusi yang dibuat oleh bank indonesia dan salah satunya adalah transfer BI Fast mandiri ke bank lain. Dengan menggunakan fasilitas ini biayanya hanya Rp 2.500,- saja untuk satu kali transaksi.

Bisa kita bayangkan jika satu orang mempunyai banyak transaksi dalam satu hari, berapa banyak uang yang bisa dihemat. Tentunya ini menjadi angin segar untuk yang bertransaksi antar bank. Sebelum kita melangkah lebih jauh, akan dibahas tentang apa itu BI Fast.

Apakah BI Fast itu?

Berdasarkan informasi yang saya kutip dari situs Bank Indonesia, BI Fast adalah infrastruktur pembayaran retail yang dapat melayani masyarakat secara real time, aman efisien dan tersedia setiap saat. Dengan adanya BI Fast ini bisa menjadi alternative pembayaran yang sudah ada saat ini.

Tujuan pengembangan BI Fast

Tentunya sebuah sistem dibuat mempunyai beberapa tujuan tertentu, hal ini sama dengan sistem BI Fast ini. Setidaknya ada tiga tujuan pengembangan BI Fast yang saya ambil langsung dari situs Bank Indonesia, yaitu :

  1. BI-FAST dibangun dalam rangka mendukung konsolidasi industri Sistem Pembayaran nasional dan integrasi Ekonomi Keuangan Digital secara end-to-end.
  2. Kebijakan BI-FAST merupakan national driven yang sejalan dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Sistem Pembayaran (SP), PBI Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) dan PBI Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) serta prinsip SP yang CEMUMUAH (cepat, murah, mudah, aman, dan andal).
  3. Pengembangan BI-FAST selaras dengan arah kebijakan Bank Indonesia ke depan, baik moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, dan Sistem Pembayaran untuk mendukung terciptanya
    ekosistem yang integrated, interoperable, dan interconnected (3i).

Cara transfer BI Fast Mandiri ke bank lain

Pada paragrap sebelumnya kita sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan BI Fast. Lalu kita berbicara tentang apa sih tujuan BI Fast ini dikembang. Sekarang, kita akan membahas cara transfer BI Fast Mandiri ke bank lain menggunakan Livin by Mandiri.

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah memilih menu transfer lalu klik transfer ke penerima baru.

    langkah pertama transfer dengan BI Fast
    Sumber: Bank Mandiri
  2. Kita pilih nama bank tujuan, misalnya BSI, setelah itu masukkan nomor rekening bank tujuan. Akan muncul pop-up konfirmasi untuk tujuan transaksi apakah sudah benar untuk nama dan nomor rekening. Jika sudah betul maka bisa kita lanjutkan proses dan jika salah kita pilih ubah nama penerima.

    langkah kedua memasukkan nomor tujuan untuk transfer dengan BI Fast
    Sumber: Bank Mandiri
  3. Saya anggap untuk nama penerima sudah benar maka kita lanjut dan pada tahap ini kita akan memasukkan nominal yang ditransfer. Jika memiliki lebih dari satu rekening maka tentukan rekening mana yang akan melakukan transfer. Pada bagian metode transfer kita pilih BI Fast dan akan dijelaskan juga tentang berapa biaya transfernya yaitu Rp 2.500,- per transaksi.

    langkah ketiga memasukkan informasi untuk transfer BI Fast
    Sumber: Bank Mandiri
  4. Selanjutnya kita pilih tujuan transfer, ada beberapa pilihan untuk tujuan transfer. Jika tidak ada pada pilihan maka kita pilih lainnya saja.

    langkah ke empat adalah menentukan tujuan transaksi
    Sumber: Bank Mandiri
  5. Setelah form yang di isi sudah sesuai maka kita pilih lanjutkan dan akan muncul pop-up tentang informasi transfer. Apa saja isinya? Nama tujuan transfer, nominal transfer, metode transaksi, biaya BI Fast. Jika sudah sesuai semua maka kita lanjutkan dengan klik lanjut transfer. Pada tahap ini, kita diminta untuk memasukkan pin untuk transaksi dengan jumlah 6 angka. Jika sudah berhasil dimasukkan, maka akan muncul halaman transaksi berhasil.

    langkah kelima untuk mulai transaksi BI Fast
    Sumber: Bank Mandiri

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di hari ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa berkontribusi untuk Ikirangga Blog lho dengan hanya membagikan artikel ini.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.