Jenis game smartphone android yang bisa dimainkan

Jenis game smartphone android yang bisa dimainkan

Posted on

Smartphone android seperti Poco F4 GT ataupun smartphone jenis lainnya, tidak hanya sebagai alat komunikasi. Sejak berkembangnya jaman, smartphone memiliki lebih dari satu fungsi salah satunya adalah untuk hiburan. Apa sih yang dimaksud dengan hiburan? Kita bisa memainkan game di smartphone android yang kita miliki. Jenis game smartphone android yang bisa kita mainkan jumlah banyak sekali. Seperti layaknya console seperti Playstation Portable (PSP).

Mengapa saya menyamakan dengan PSP? Karena smartphone android menjadi sebuah portable gaming machine. Tentu saja akan ada banyak permainan yang akan kita bisa mainkan di smartphone. Dari game yang mudah hingga menantang. Mau main game offline banyak pilihannya, apalagi game online, tinggal install saja dari Google Play Store.

Jenis game smartphone android

Sebelumnya saya membahas fungsi lain dari smartphone android sebagai alat untuk bermain game. Sekarang saya akan bahas tentang jenis atau genre game yang bisa mainkan. Ini akan berbeda untuk masing – masing orang. Saya akan bahas saja satu per satu dan sahabat bisa pilih mana yang sesuai dengan pilihan hati.

1. Role Playing Game

Yang pertama adalah jenis game Role Playing Game atau kita sebut dengan RPG. Untuk game RPG ini, kita berpetualang sesuai dengan karakter impian kita, contohnya game Ragnarok M : Eternal Love. Pada game tersebut, kita memainkan karakter anak yang ada di Ragnarok M : Eternal Love dan berpetualang untuk menaikkan level dan juga menjalankan misi yang ada. Nah untuk game jenis ini yang kita sebut sebagai RPG.

2. Life Simulation Game

Coba kita terjemahkan jenis game ini, game tipe simulasi kehidupan. Artinya dalam game ini kita bertindak seolah – olah kita memainkan diri kita sendiri di dalam kehidupan. Contoh untuk game seperti ini adalah The Sims Mobile. Kita bisa dengan memulai karir atau membuat karakternya sama seperti diri kita sendiri. Mengapa? Karena itu adalah simulasi kehidupan yang kita lakukan di dunia game. Game ini manrik menurut saya.

3. First Person Shoot (FPS)

Nah untuk jenis game yang satu ini yaitu First Person Shoot (FPS) sering kita mainkan. Contoh dari jenis ini ada PUBG, Free Fire, Call of Duty dan masih banyak lagi sahabat, pokoknya inti dari game ini adalah menembak dengan memainkan satu karakter. Ini seru untuk yang hobi main tembak – tembakan dan main tim.

4. Action

Untuk game jenis action biasanya mirip dengan game adventure karena mereka itu satu kesatuan yang agak mirip. Untuk game action sendiri tentunya ada sebuah petualangan untuk menyelesaikan suatu misi. Pada game jenis ini, dibutuhkan ketangkasan dan skill dari karakter yang kita mainkan. Oleh karena itu, kita juga harus gesit dan tangkas dalam memainkan karakter tersebut.

5. Vehicle Simulation

Sudah bisa ditebak dari namanya ya sahabat, game dengan jenis simulasi kendaraan. Kita memainkan game berdasarkan kendaraan yang kita pilih untuk melakukan perjalanan atau perlombaan. Contoh untuk game ini adalah Bus Simulator Indonesia, Need For Speed, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan game kendaraan.

6. Adventure

Ini adalah jenis game yang mengandung unsur petualangan atau adventure. Biasanya ciri dari game ini adalah menyelesaikan misi yang diberikan. Tidak ada unsur menaikkan level yang biasa kita temui di game jenis RPG. Lain hal nya jika campuran antara RPG dan Adventure, apakah sudah dapat gambarannya sahabat?

7. Real Time Strategi

Untuk jenis yang satu ini kita sering memainkannya dan pasti semua orang tahu. Ya benar, mobile legend, adalah salah satu game dengan jenis real time strategi karena dalam game tersebut kita beradu strategi untuk mengalahkan musuh. Selain itu, kita juga harus menjaga kekompakan antar tim dan ini dilakukan secara real time.

Jenis game berdasarkan device yang dimainkan

1. Android game

Ini adalah sebuah game yang memang dibuat atau didevelop untuk ekosistem android. Misalnya Game PSP yang memang dirilis juga untuk versi mobile. Jadi bukan merupakan game dari ekosistem lain yang dipaksakan untuk bisa dijalankan di android.

2. Emulator

Sebuah aplikasi yang didevelop untuk bisa menjalankan game dari ekosistem lain untuk bisa dimainkan di smartphone android. Sebagai contohnya adalah emulator PPSSPP yang bisa kita gunakan untuk menjalankan game PSP. Apakah akan berjalan dengan sempurna? Tidak semuanya bisa berjalan dengan sempurna di emulator. Tapi sebagian besar bisa dijalankan di smartphone android dan ini tergantung dari spesifikasi smartphone kita.

Itulah jenis – jenis game yang bisa kita mainkan di smartphone android sahabat. Pilih yang mana ya? Nah itu tergantung hobi dari sahabat.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga, semoga apa yang saya bagikan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.