Canva aplikasi desain grafis dengan berbagai kemudahan

Canva aplikasi desain grafis dengan berbagai kemudahan

Posted on

Ada sebuah aplikasi bernama Canva yang menurut saya menarik untuk dicoba. Canva aplikasi desain grafis yang menawarkan berbagai kemudahan di dalamnya. Mengapa? Ini adalah hal menarik untuk saya ceritakan pada episode kali ini.

Terkadang keterbatasan kita untuk membuat suatu desain menghalangi kita untuk berkarya. Seperti tidak punya komputer atau laptop, saya hanya punya smartphone saja.

Apakah Canva itu?

Canva adalah sebuah aplikasi desain grafis online yang dirancang untuk membuat berbagai macam desain yang kreatif di mana pun. Memang secara konsep, Canva di publish dalam bentuk web dan kita bisa mengakses di mana saja. Tentu saja hal ini berbeda dengan photoshop yang mengharuskan kita untuk melakukan instal.

Coba teman – teman bayangkan berapa size hardisks yang harus kita sediakan untuk instal photoshop? Tentu saja itu tergantung dengan versi yang kita akan instal dan Canva mematahkan semua itu.

Kelebihannya sebagai aplikasi desain grafis

Tidak ada spesifikasi khusus untuk laptop atau PC bisa menjalankan Canva. Yang terpenting menurut saya adalah koneksi internet yang memadai dan tidak terlalu lemot.

Jika kita menggunakan Canva Pro, kita akan menikmati fitur premium dan beragam template yang bisa digunakan. Selain itu untuk pilihan templatenya juga lebih banyak dibandingkan yang versi free. Jika kita belum punya dana lebih Canva free bisa kita manfaatkan untuk desain tp jangan terlalu berharap lebih ya.

Selain menggunakan laptop atau pc, kita juga bisa mengakses Canva menggunakan smartphone dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • smartphone wajib menggunakan android 5 atau yang terbaru.
  • storage atau memory yang cukup install aplikasi Canva dan juga untuk menyimpan hasil desain kita.
  • Saya menyarankan untuk menggunakan layar smartphone yang agak lebih besar supaya kita enak ketika desain.

Ada hal lain yang kada terlupakan oleh orang lain, Canva bisa kita gunakan juga untuk video editor. Selama ini kita hanya mengenal Canva sebatas desain grafis.

Jika menggunakan Canva Pro, kita bisa bekerja dalam sebuah tim hingga 5 orang. Ini artinya apa? Kita bisa memasukkan 5 orang termasuk kita ke dalam aplikasi ini.

Tipe akun Canva

Saya akan share beberapa jenis tipe akun yang ada di Canva. Pada pembahasan sebelumnya saya telah menyinggung sedikit tentang salah satu tipe akun Canva.

1. Canva Free

Yang pertama adalah tipe akun Canva Free. Ini adalah tipe yang basic dan gratisan sehingga semua orang bisa daftar untuk mencobanya. Tentu saja untuk tipe ini kita tidak bisa mengharap lebih dan pasti ada kurangnya dibanding tipe berbayar, Canva Pro. Seperti jumlah template sampai dengan tipe file yang bisa di download dari hasil desain.

Untuk ruang penyimpanan free yang diberikan Canva adalah 5 GB.

2. Canva Pro

Untuk yang kedua ini adalah versi berbayar dari Canva Free yaitu Canva Pro. Dengan embel – embel pro maka akan ada kelebihan dibandingkan versi free. Jumlah template yang tersedia tentunya lebih banyak dan cloud storage sebesar 100 GB.

Untuk versi Pro kita bisa mengubah ukuran atau resize, menghilangkan backgroud dan bisa menentukan format apa yang digunakan. Tentu saja hal ini tidak kita dapatkan di versi Canva Free.

Berapa untuk harga berlangganannya? Untuk harganya Rp 760 ribu per tahun dan bisa untuk akses 5 orang dalam satu tim.

3. Canva Enterprise

Untuk jenis akun yang ketiga adalah Canva Enterprise. Untuk akun jenis ini diperuntukan untuk kalangan perusahaan dan dengan jumlah tim minimal 25 orang.

Untuk harga berlangganan Rp 419 ribu per bulan dan ini termasuk murah untuk skala enterprise. Untuk cloud storage juga lebih besar yaitu unlimited.

Jadi, jenis akun ini memiliki semua fitur Canva Pro dan beberapa fitur tambahan yang membedakannya.

Berikut ini adalah perbandingan yang saya langsung screenshot dari situs Canva. Jenis akun canva aplikasi desain grafis

Canva gratis untuk Education dan non-profit

Ternyata Canva memiliki program untuk education dan non-profit. Maksudnya bagaimana mas Rangga? Kita bisa menggunakan secara gratis untuk fitur Canva Pro selama kita bernaung di kedua program tersebut. Tentu saja harus ada syarat yang diwajibkan oleh pihak Canva.

Dengan beberapa kelebihan di atas, tentunya aplikasi ini akan membantu kita untuk berkreatifitas di mana saja.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang telah saya bagikan di hari ini bermanfaat untuk kita semua.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.