Cara install game PSP di smartphone android

Cara install game PSP di smartphone android

Posted on

Sebelumnya saya sudah membahas tentang jenis game yang bisa kita mainkan di smartphone android. Sekarang kita akan membahas tentang cara install game PSP di smartphone android, apakah bisa? Tentu saja bisa. Hal apa yang tidak bisa di dunia ini selama masih ada manusia yang berfikir.

Bagaimana caranya kita bisa main game PSP di smartphone android? Kita menggunakan aplikasi tambahan yaitu sebuah emulator yang bernama PPSSPP.

Apakah emulator PPSSPP itu?

PPSSPP adalah singkatan dari PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably. Jadi PPSSPP adalah sebuah aplikasi emulator yang bisa digunakan untuk menjalankan game PSP dan compatible dengan smartphone android.

Tools yang diperlukan

Sebelum kita menjalankan ritual ini, ada beberapa tools yang harus kita siapkan. Apakah ini wajib? Tentu saja wajib karena tanpanya kita tidak bisa apa – apa. Berikut ini adalah tools yang kita perlukan.

  1. Emulator PPSSPP. Tentu saja ini adalah aplikasi yang wajib ada karena kita akan memainkan game PSP menggunakan emulator ini.
  2. File Manager. Ini tergantung selera untuk jenisnya tetapi jika saya menyarankan ZArchiver. Mengapa? Karena kita bisa menggunakannya sekalian sebagai aplikasi untuk extract file juga. Jadi ada dua fungsi, jadi tidak usah install dua aplikasi.
  3. Game yang akan kita mainkan. Tentu saja ini hal yang mutlak dan wajib ada karena apa yang akan kita mainkan. Di mana saya bisa dapat? Sahabat ikirangga bisa langsung browsing saja di Google dan saya tidak akan menyebutkan di mana.

Setelah semua hal tersebut sudah ada, maka kita akan lanjut ke tahap berikutnya.

Cara install game PSP

Ini adalah inti dari artikel yang akan saya bagikan pada hari ini, bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus kita jalankan.

  1. Install terlebih dahulu emulator PPSSPP yang telah di download dari situs resmi atau dari Google Playstore.
  2. Saya anggap sahabat ikirangga sudah memiliki game yang akan dimainkan, jika belum bisa di browsing saja di google.
  3. Sekarang buka file manager yang ada di smartphone android sahabat, saya menyarankan menggunakan ZArchiver. Cari folder yang bernama PSP di internal storage sahabat dan temukan juga folder GAME. Install game PSP di folder GAME
  4. Lalu copy dan paste file game yang sudah sahabat ikirangga punya ke folder GAME tadi. Sudah install game psp di folder game
  5. Sekarang jalankan aplikasi emulator PPSSPP dan klik pada tab game, kita akan menemukan game yang telah di install tadi.

    Setelah install game PSP dan siap dimainkan
    Source: PPSSPP
  6. Jalankan game tersebit dan nikmati nostalgianya.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, sahabat ikirangga juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.