Snapdragon 8 gen 1, 9 smartphone yang menggunakannya

Snapdragon 8 gen 1, 9 smartphone yang menggunakannya

Posted on

Perkembangan dunia smartphone akan semakin menarik dan semakin ketat. Hal ini juga berbanding dengan perkembangan chipset yang digunakan. Chipset yang terkenal di dunia mobile adalah snapdragon. Untuk jagoan terbaru yang hadir dengan nama Snapdragon 8 gen 1 yang diperkenalkan oleh Qualcomm pada November 2021.

Apa saja yang berubah bila dibandingkan dengan pendahulunya? Chipset ini diklaim lebih hemat daya sebanyak 30 persen dari pendahulunya. Bukan hanya itu saja bahkan ada peningkatan performa sebanyak 20 persen untuk seri terbaru ini.

Smartphone yang menggunakan Snapdragon 8 gen 1

Walaupun chipset ini tergolong baru tapi sudah ada 9 smartphone yang sudah menggunakannya. Yang menjadi catatan penting adalah smartphone yang menggunakannya adalah flagship.

1. Samsung galaxy S22 5G

Samsung Galaxy S22
Sumber: samsung.com

Yang pertama adalah smartphone Samsung Galaxy S22 5G. Seperti biasa, Samsung membuat 2 versi chipset untuk smartphone yang mereka keluarkan. Salah satunya menggunakan Snapdragon 8 gen 1 ini. Untuk harganya Samsung Galaxy S22 5G Rp 11.999.000 untuk varian 8GB/128 GB dan Rp 12.999.000 untuk varian 8GB/256 GB. Harga ini saya ambil dari situs resmi Samsung ya.

Bagaimana jika di kota tempat tinggal kita belum tersedia? Tenang, kita bisa langsung meluncur ke shopee dan langsung ke Samsung Official dan pilih salah satu warna yang disukai. Misalnya saya suka warna Phantom Black maka saya bisa pilih Samsung Galaxy S22 warna tersebut.

2. Poco F4 GT

POCO F4 GT
Sumber: po.co.id

Yang kedua adalah smartphone keluaran dari Poco yaitu Poco F4 GT. Tampaknya ini adalah generasi penerus dari Poco F3 yang menurut saya sudah bagus untuk bermain game. Wah bagaimana dengan performa Poco F4 GT yang menggunakan snapdragon generasi terbaru ini ya? Apakah smartphone ini akan secara resmi hadir di Indonesia? Ketika saya masu ke website resminya POCO, tidak ada kehadirannya. Semoga smartphone ini dibawa masuk ke Indonesia dan saya yakin akan banyak yang akan meminangnya.

3. Motorola Edge X30

motorola edge x30
Sumber: gsmarena.com

Sudah lama tidak mendengar nama motorola dan akhirnya saya mendengarnya lagi hari ini. Mereka meluncurkan smartphone dengan nama Motorola Edge X30 dengan chipset terbaru yang digunakan. Sayangnya smartphone ini tidak masuk di Indonesia.

4. Realme GT 2 Pro

Realme GT 2 Pro
Sumber: Realme.com

Smartphone ke empat adalah Realme GT 2 Pro dan ini adalah smartphone Realme yang menggunakan Snapdragon versi terbaru. Setelah sebelumnya Realme sudah merilis Realme GT Neo 2 dan GT Master Edition. Untuk Realme GT 2 Pro tentu saja bisa dimiliki karena smartphone ini masuk indonesia secara resmi. Jika teman – teman mau beli Realme GT 2 Pro bisa langsung ke Shopee saja.

5. Oneplus 10 Pro

OnePlus 10 Pro 5G
Sumber: oneplus.com

Selanjutnya adalah produk dari Oneplus yang menggunakan Snapdragon tipe terbaru, yaitu Oneplus 10 Pro. Sama seperti Motorola Edge X30, smartphone ini tidak masuk Indonesia. Jika ada yang menggunakan di Indonesia maka orang tersebut beli di luar negeri.

6. Xiaomi 12

Xiaomi 12
Sumber: mi.com

Tampaknya vendor smartphone sekarang hobi untuk mengeluarkan produk dengan nama sama tapi cita rasa berbeda. Hal ini hadir juga di Xiaomi, jika dilihat dari namanya maka akan tahu bahwa ini adalah saudara Xiaomi 12 Pro. Smartphone ini adalah versi mini dari Xiaomi 12 Pro dengan harga Rp 9.999.000. Untuk pilihan warnya juga sama yaitu Blue, Grey dan Purple.

7. Samsung Galaxy S22+

Samsung Galaxy S22+
Sumber: samsung.com

Samsung Galaxy S22+ adalah saudara dari Galaxy S22 dan dibekali juga dengan snapdragon terbaru ini. Sama seperti saudaranya, untuk tipe ini hadir dalam 2 jenis chipset, Snapdragon dan Exynoz. Untuk harga yang saya lihat di website resminya, Rp 14.999.000 untuk varian 128GB/8GB dan 15.999.000 untuk varian 256GB/8GB.

Tertarik juga dengan varian yang ini? Bisa langsung meluncur ke Samsung Official yang ada di Shopee. Saya suka warna hitam maka akan pilih warna Samsung Galaxy S22+ Phantom Black.

8. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung S22 Ultra
Sumber: samsung.com

Ini adalah tipe ketiga dari keluarga Galaxy S22, yaitu Galaxy S22 Ultra. Untuk harga resmi Rp 17.999.000 untuk varian 128GB/8GB, Rp 18.999.000 untuk varian 256GB/12GB dan Rp 20.999.000 untuk varian 512GB/12GB. Yang membedakan dari ketiganya adalah ukuran layar dan tingkat kecerahan layar.

Jika teman Рteman ingin membeli, sekarang sudah tersedia di marketplace di Indonesia salah satunya adalah Shopee. Kita bisa beli langsung di Samsung Official untuk Samsung Galaxy S22 Ultra varian 256GB/12GB warna Phantom Black. Untuk warna yang lain juga tersedia di sana.

9. Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro
Sumber: mi.com

Ingat BCL (Bunga Citra Lestari) pasti ingat dengan Xiaomi 12 Pro karena istri saya melihat iklan di TV dan bintang iklannya BCL. Ini adalah salah satu varian dari smartphone Xiaomi yang menggunakan Snapdragon 8 gen 1 sebagai chipsetnya. Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk meminang smartphone ini? Smartphone ini hanya hadir untuk satu varian saja yaitu 256GB/12GB dengan harga Rp 12.999.000. Tenang, walaupun satu varian tapi tetap hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Blue, Grey dan Purple.

Mengapa wajib mengetahui hal ini?

Menurut saya, hal ini bisa membuka wawasan dan pengetahuan kita mengenai smartphone. Informasi ini bisa berguna saat kita sedang mengobrol dengan seseorang, bisa rekan bisnis atau bahkan ketika PDKT dengan cewek. Mengapa bisa begitu? Tidak jarang ada yang bisa masuk obrolan ketika konsultasi ketika akan membeli smartphone. Hehehe…..

9 Smartphone tersebut adalah smartphone terbaru yang menggunakan Snapdragon generasi terbaru. Mereka hadir dengan segala kelebihannya.

Bagaimana teman – teman? Tertarik untuk melakukan update smartphone menjadi versi terbaru? Kita bisa coba untuk memiliki salah satu dari smartphone di atas.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, sahabat ikirangga juga bisa bantu share artikel ini, supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.