Android 13 beta 1 sudah hadir untuk publik

Posted on

Sistem operasi android tidak berhenti berkembang, sebelumnya kita sudah mengenal android 12 dan sekarang sudah ada rencana untuk mengembangkan penerusnya. Setelah pada bulan februari lalu, Google melakukan rilis untuk developer dan sekarang Android 13 beta 1 sudah hadir untuk publik.

Android ini sudah bisa di coba untuk pertama kalinya oleh pengguna Google Pixel. Ini merupakan ritual setiap kali android muncul selalu smartphone buatan Google yang pertama bisa mencicipinya. Sebelum Google Pixel, kita mengenal Nexus.

Tipe Pixel mencoba yang bisa mencoba android 13 beta 1

Tentu saja tidak semua tipe Google Pixel akan bisa mencobanya. Berikut ini adalah daftar tipe Google Pixel yang sudah bisa mencoba android tipe terbaru ini :

  • 4
  • 4 XL
  • 4a
  • 4a (5G)
  • 5
  • 5a
  • 6
  • 6 Pro

Jika teman – teman adalah pengguna salah satu Google Pixel yang disebutkan di atas maka anda adalah orang terpilih.

Tahapan peluncuran android 13

Kita bisa lihat bahwa untuk pengembangannya sudah di mulai dari awal tahun 2022 yaitu bulan februari. Berikut ini adalah tahapan peluncuran android 13 mulai dari tahap developer preview hingga final release.

tahapan rilis android 13 untuk publik

Fitur yang hadir

Berdasarkan dari berita yang saya kutip dari Kompas, pada android versi 13 ini membawa pembaharuan dibandingkan versi android sebelumnya, salah satunya adalah fitur perizinan. Apakah yang membedakan dengan yang ada pada Android 12? Pada Android 13, fitur ini dibuat lebih detail lagi. Misalnya pada saat sebuah aplikasi ingin meminta izin mengakses file media, maka akan ada pilihan jenis file apa yang ingin dijinkan untuk diakses. Apakah file photo, video atau yang lainnya?

Menurut pendapat saya, hal ini memberikan rasa aman ketika kita menggunakan aplikasi. Jadi tidak diberikan secara penuh untuk diakses dan hanya sesuai kebutuhan saja.

Fitur yang juga akan hadir adalah Fitur lainnya ada Keystore dan KeyMint. Fitur ini adalah bagian Android yang berfungsi untuk kunci kriptografi. Apakah kriotografi itu? Jadi fitur ini berfungsi untuk memberikan kode kesalahan yang lebih informatif.

Fitur lainnya yang mungkin akan hadir adalah Application Program Interface (API) baru untuk pemutaran audio. 

Kemudian ada juga fitur Audio Bluetooth Low Energy (LE), fitur membatasi foto mana yang dapat diakses aplikasi, dan ikon aplikasi baru.

Tentu saja fitur – fitur tersebut bisa tetap dipertahankan atau juga bisa juga dihilangkan. Mengingat fitur tersebut hadir di Developer Preview. Kita tunggu saja hingga final release, fitur apa saja yang akan tetap ada dan terbaru.

Jadwal final release Android 13 beta 1

Jika kita melihat kebelakang untuk perilisan versi android sebelumnya. Android 12 hadir versi stable pada bulan Oktober 2021, dan Android 11 hadir pada September 2020. Sesuai dengan kebiasaan Google kan rilis antar bulan Oktober atau September. Bagaimana dengan Android 13? Apakah akan sama dengan versi Android sebelumnya?

Walaupun bila sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, Android terbaru ini akan rilis pada bulan Juli 2022. Apakah akan keluar dari kebiasaan Google? atau bulan Juli 2022 adalah batas akhir pengembangan untuk versi stable?

Terima kasih teman – teman sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, sahabat ikirangga juga bisa share artikel ini lho, supaya lebih banyak lagi orang yang tahu. Jangan biarkan stop hanya di kamu saja.

Happy sharing the information and knowledge.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.