Persiapan lebaran virtual di tengah larangan mudik

Persiapan lebaran virtual di tengah larangan mudik

Posted on

Tradisi mudik pada saat lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan suatu momen yang sangat di nanti oleh umat muslim di Indonesia. Pada saat ini dimanfaatkan untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman. Hal ini tidak bisa kita lakukan karena adanya wabah Covid-19 sehingga pemerintah mengeluarkan larangan untuk mudik. Jika kita tidak bisa mudik maka kita bisa silaturahmi secara virtual. Apa saja persiapan lebaran virtual di tengah larangan mudik ini?

Segala sesuatu itu harus ada persiapap supaya lancar dan terwujud sesuai dengan yang dinginkan. Sekarang gema takbir sudah berkumandang di langit, sedih rasanya jika tidak bisa mudik tapi itu semua bisa kita atasi dengan cara ini. Walaupun tidak 100% tetapi setidaknya ada pengobat rasa rindu kampung halaman dan orang tua tercinta.

Persiapan lebaran virtual

Segala sesuatu itu butuh persiapan, termasuk lebaran virtual yang akan kita lakukan besok. Berikut ini adalah hal – hal yang harus kita persiapkan sebelum melakukan lebaran virtual.

1. Kesehatan

Jaga kesehatan untuk persiapan lebaran virtual
Sumber: Pixabay

Hal yang pertama yang harus kita persiapakan dan dijaga adalah kesehatan. Tidak ada gunanya segala sesuatu telah kita persiapkan tetapi kesehatan kita abaikan. Jadi perlu diingat yang nomor satu adalah kesehatan.

2. Koneksi internet

Setelah kita jaga kesehatan kemudian barulah lanjut ke persiapan yang kedua yaitu koneksi internet. Untuk koneksi internet, kita gunakan yang jaringannya stabil dan tidak gampang putus nyambung. Usahakan menggunakan jaringan rumahan seperti Indihome, My Republik atau Internet Service Provider yang ada di kota tempat tinggal. Bagaimana jika tidak ada? Kita bisa juga menggunakan kartu sim card yang biasa digunakan di smartphone Android.

Jaringan harus bagus untuk lebaran virtual
Sumber: Pexelbay

3. Aplikasi video call

Untuk aplikasi video call bisa menggunakan aplikasi apa saja, asalkan bisa menampilkan gambar. Kita bisa menggunakan Whatsapp, Telegram, Skype (ini aplikasi yang hits sebelum hadirnya Whatsapp dan teman – temannya) dan aplikasi sejenisnya.

aplikasi video call untuk lebaran virtual
Sumber: Pixabay dan Google

Bagaimana jika saya ingin menggunakan laptop atau PC sebaga medianya? Maka saya sarankan menggunakan aplikasi Zoom tetapi wajib berlangganan. Mengapa? Karena untuk yang free hanya bisa 45 menit saja. Saya yakin untuk mengundang orang aplikasi itu butuh waktu dan bakalan lebih dari 45 menit nantinya.

Saran saya, gunakanlah aplikasi video call yang bisa digunakan semua perangkat, baik itu smartphone ataupun PC.

4. Perangkat

Apa saja perangkat yang bisa kita gunakan? Bebas teman – teman. Kita bisa menggunakan PC, laptop ataupun smartphone. Hal yang terpenting adalah lawan bicara kita nantinya bisa akses aplikasi dari segala jenis perangkat.

Perangkat yang bisa digunakan
Sumber: Pixabay

Jika menggunakan PC maka harus mempersiapkan web cam. Mengapa? Karena web cam adalah fitur tambahan untuk PC.

Setelah 4 unsur tersebut sudah dipersiapkan maka Inshaa Allah lebaran virtual akan terlaksana dengan lancar. Bagaimana teman Рteman? Apakah sudah mempersiapkan itu semua?

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, teman – teman juga bisa bantu Ikirangga untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *