Belajar Office

Mengatur tulisan rata kanan dan kiri pada paragraf Word

Advertisement Kemarin kita sudah membahas tentang cara membuat sebuah dokumen di Word dengan beberapa langkah yang mudah. Hari ini kita akan membahas...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Advertisement

Kemarin kita sudah membahas tentang cara membuat sebuah dokumen di Word dengan beberapa langkah yang mudah. Hari ini kita akan membahas tentang mengatur tulisan rata kanan dan kiri pada sebuah paragraf yang telah kita buat. Ini adalah seri lanjutan dari sesi belajar office yang ada di Ikirangga Blog yang akan kita sharingkan.

kita bisa mengatur rata kanan kiri paragraf supaya rapi
Sumber: Freepik

Sewaktu saya baru belajar mengetik paragraf di Word, paragraf yang dihasilkan sudah bagus tapi belum rapi rata kanan dan kirinya. Bagaimana cara membuat hal tersebut supaya rapi? Ternyata jawabannya adalah dengan membuat rata kanan dan kiri. Dalam istilah yang dipakai di Word adalah dengan mengaktifkan menu justify.

Fungsi rata kanan dan kiri paragraf

Sebuah menu atau fungsi yang dibuat pada Microsoft Word tentunya memiliki fungsi dalam sebuah pembuatan dokumen. Fungsi utama adalah membuat tulisan kita menjadi lebih rapi tentunya. Kita bisa bandingkan sebuah paragraf tanpa menggunakan fungsi Justify atau rata kanan – kiri dan paragraf yang menggunakan fungsi tersebut.

Mengatur tulisan rata kanan dan kiri paragraf

Ini adalah inti dari artikel kali ini, bagaimana cara kita mengatur tulisan supaya bisa membuat sebuah paragraf yang rapi? Saya anggap teman – teman sudah mempunyai Microsoft Ofice yang terinstall di laptopnya dan segera membuka Word untuk mulai menulis.

#1 Menggunakan menu di Word

Ini adalah cara pertama dan umum untuk dilakukan oleh semua orang ketika mengenal Word. Ada menu untuk mengaktifkan rata kanan dan kiri di dashboard Word. Kita mulai saja tutorial yang pertama ini.

  • Kita tulis terlebih dahulu sebuah paragraf atau lebih di lembar kerja Word yang sudah dibuka di laptop masing – masing. Biasanya secara default settingan paragraf di Word menggunakan Allign left.ini adalah bentuk dari dokumen di word
  • Blok semua paragraf yang telah kita tulis tadi. Mengapa kita blok paragraf yang sudah kita tulis? Karena kita akan merapikan paragraf tersebut menjadi rata kanan dan kiri dengan menggunakan menu settingan Justify.kita harus blok paragraf di word untuk mengaktifkan justify disemua paragraf
  • Perhatikan menu yang ada di dashboard Word yang terdapat pada gambar di bawah ini dan ditandai dengan warna pink. Secara otomatis paragraf tersebut akan berubah menjadi rata kanan dan kiri.setelah kita pilih justify makan paragraf akan menjadi rata kanan dan kiri

#2 Menggunakan shortcut di keyboard

Cara yang akan kita tunjukan ini merupakan jalan pintas untuk membuat rata kanan dan kiri. Apakah maksud dari ini semua? Kita tidak memilih menu di dashboard tapi kita akan menggunakan shortcut yang ada di keyboard. Untuk langkah – langkahnya tetap sama hanya berbeda pada saat mengaktifkan Justify saja.

  • Pertama kita tulis sebuah paragraf lalu kita blok semua paragraf tersebut. Mengapa? Karena secara kita akan membuat rata kanan dan kiri paragraf di Word yang secara default berbentuk Allign Right.kita harus blok paragraf di word untuk mengaktifkan justify disemua paragraf
  • Setelah paragraf tersebut kita blok maka kita pencet tombol kombinasi yang ada di keyboard yaitu Command + J (untuk pengguna macOS) atau Ctrl + J (untuk pengguna Windows).
  • Dalam sekejap paragraf yang sudah kita blok tadi akan berubah menjadi rata kanan dan kiri dengan bantuan kombinasi tadi.paragraf sudah rata kanan dan kiri di word

Mudah bukan untuk membuat sebuah paragraf yang rapi dan bisa mengatur rata kanan dan kiri dari paragraf tersebut. Teman – teman bisa langsung mempraktekannya di laptop atau komputer masing – masing. Jika ada yang hobi menulis sebuah karya tulis misal cerpen, cara ini bisa dipraktekkan untuk mendapatkan sebuah paragraf yang rapi.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel ini membawa manfaat untuk kita semua. Oya kalian juga bisa bantu sharing supaya artikel yang bermanfaat ini di media sosial lho. Supaya artikel ini sampai ke orang – orang yang membutuhkan tutorial belajar office ini.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *