Mengatasi download tertunda di Play Store

Mengatasi download tertunda di Play Store dan penyebabnya

Posted on

Saat ini, saya yakin 90 persen dari makhluk di dunia ini sedang menggunakan smartphone dengan sistem operasi android. Ada satu masalah yang pernah atau bahkan sekarang sedang mengalaminya yaitu download tertunda di playstore. Bagaimana cara mengatasi download tertunda di Play Store? Tentu saja hal ini akan membuat kita kesal dan bingung ketika sedang butuh untuk install aplikasi android.

Hal ini pernah terjadi ketika saya akan melakukan update Livin by Mandiri yang mengharuskan kita untuk install aplikasi terbarunya. Agak bingung juga waktu itu karena tertulis pending download dan menunggu cukup lama. Setelah cari tahu ternyata sama seperti yang akan kita bahas sekarang.

Penyebab terjadinya tertundanya download

Ada banyak hal yang menyebabkan download tertunda di smartphone android, seperti sedang ada update aplikasi yang lain sehingga masuk dalam antrian. Hal lainnya yang bisa menjadi penyebab download tertunda adalah jaringan internet. Hal ini tentu saja akan ikut mempengaruhi kelancaran download suatu aplikasi android.

Mengatasi download tertunda di Play Store

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi download tertunda di Play Store. Berdasarkan pengalaman saya, cara ini cukup ampuh.

1. Batalkan atau cancel update aplikasi yang lain

  1. Buka aplikasi Play Store yang ada di smartphone android.
  2. Kemudian klik pada sisi kanan atas yang terdapat photo profil dan kita akan melihat beberapa menu. Pada tampilan ini kita pilih Manage apps & device. download tertunda di pengaturan play store
  3. Pada menu ini kita akan bisa meliat ada dua tab yaitu Overview dan Manage. Sekarang kita pilih Manage dan kita akan melihat beberapa aplikasi yang mungkin sedang dalam proses download. Manage aplikasi android di Play Store
  4. Batalkan atau cancel update aplikasi tersebut dan tentu saja mengurangi atau menghilangkan antrian untuk install aplikasi. Hal ini biasa saya lakukan jika aplikasi yang akan di install betul – betul penting. cancel update aplikasi di Play Store
  5. Setelah membatalkan update aplikasi tersebut, sekarang kita bisa melihat aplikasi yang tertunda tadi akan lanjut install.

2. Periksa jaringan internet

Tertundanya install aplikasi tidak hanya berkaitan dengan antrian install tetapi ada hal lain yang mempengaruhi. Hal tersebut seperti jaringan internet yang kurang bagus. Hal ini juga bisa menjadi salah satu kendala download tertunda pada Play Store.

Dampak dari cancel update aplikasi

Suatu tindakan tentu saja bisa menimbulkan sebuah konsekuensi dan ini berlaku juga untuk cancel update. Mengapa? Karena kita harus melakukan update secara manual aplikasi tersebut. Jika aplikasi yang otomatis update adalah aplikasi yang tidak urgent untuk digunakan maka hal tersebut bukan masalah besar.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga blog. Semoga artikel yang saya bagikan dihari ini bermanfaat untuk kita semua. Sahabat ikirangga juga bisa membagikan artikel ini supaya lebih banyak orang yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.