macOS tutorial

Langkah mudah cek serial number MacBook Pro

Advertisement Beberapa waktu yang lalu telah ramai bahwa nomer IMEI smartphone “Black Market” akan diblokir jaringannya. Kita tidak akan membahas tentang pemblokirannya...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Cara mudah cek serial number MacBook Pro
Advertisement

Beberapa waktu yang lalu telah ramai bahwa nomer IMEI smartphone “Black Market” akan diblokir jaringannya. Kita tidak akan membahas tentang pemblokirannya tapi akan membahas tentang IMEI. IMEI adalah salah satu contoh serial number yang ada pada handphone atau smartphone Android atau iPhone. Contoh lainnya adalah serial number ini ada pada laptop, memang laptop punya serial number? Tentu saja ada. Pada artikel ini kita akan membahas tentang langkah mudah untuk cek serial number pada MacBook Pro yaitu sebuah seri laptop buatan Apple.

Apakah yang dimaksud dengan Serial Number? Serial Number merupakan sekumpulan nomer atau gabungan nomor dan huruf unik yang tersusun dengan urutan tertentu. Hal ini biasa digunakan pada perangkat keras atau lunak yang berfungsi untuk mengidentifkasi model dari sebuah barang. Kita bisa juga melihat tahun pembuatan dari sebuah laptop dari Serial Number. Tentu saja bila produsen laptop tersebut meletakkan kode pada Serial Number.

Apakah ini bisa dikatakan bahwa Serial Number bisa menjadi sebuah kode rahasia? Bisa dibilang begitu. Karena banyak informasi yang bisa kita sematkan di dalam sebuah serial number.

Fungsi cek serial number MacBook Pro

Dari tadi kita membahas tentang IMEI pada smartphone atau handphone yang akan diblok jika “Black Market”. Sekarang kita nanti akan membahas cara mudah cek serial number di MacBook Pro tapi sebelumnya, sebenarnya apa sih fungsi serial number untuk MacBook Pro?

#1 Cek status garansi

Jadi serial number itu bukan hanya sebuah nomor untuk produk Apple yang satu ini. Dengan menggunakan serial number, kita bisa melakukan cek status garansi dari MacBook Pro. Akan muncul kapan tanggal berakhirnya garansi dari priduk yang telah kita beli, jika kita beli second maka akan tampak status garansi, masih ada atau sudah expired. Jadi penjual tidak bisa melakukan penipuan terhadap status garansi.

#2 Cek tipe dan tahun pembuatan

Selain digunakan sebagai tools untuk cek status garansi, serial number pada MacBook Pro bisa juga untuk melihat tipe dan tahun pembuatannya. Teman – teman bisa melihat contohnya di halaman support Apple tentang ciri serial number masing – masing MacBook Pro.

Langkah mudah cek serial number MacBook Pro

Setelah tadi kita membahas tentang fungsi dari Serial Number untuk MacBook Pro, sekarang kita akan membahas, bagaimana cara cek serial number di MacBook Pro? Di manakah bisa kita temukan Serial Number ini selain di kotak?

  1. Arahkan kursor logo apple yang berada di sebelah kanan atas yang ada di menu bar. Menu bar adalah sebuah menu yang biasa kita gunakan di macOS untuk mengakses menu dari software – software yang terinstall di MacBook Pro.Cek serial number MacBook Pro menu bar
  2. Lalu klik About This Mac dan akan tampil sebuah jendela baru yang berisi semua informasi tentang MacBook Pro yang kita punya.About This Mac untuk cek serial number
  3. Informasi apa saja yang bisa kita dapatkan pada jendela tersebut? Ada beberapa informasi tentang seri MacBook Pro, Prosessor, RAM (memory), VGA dan juga Serial Number.Jendela About This Mac

Mudahkan cara cek serial number yang ada di MacBook Pro yang kita miliki. Jadi sekarang kita tidak perlu lagi cari – cari kotaknya hanya untuk melihat berapa sih Serial Numbernya.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya share di blog ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya membuat orang lebih banyak yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *