Aplikasi android

Kinemaster aplikasi editing video android

Advertisement Jika dahulu kita melakukan video editing harus menggunakan laptop atau PC. Bagaimana dengan jaman sekarang? Kita bisa melakukan video editing dengan...

Written by Rangga Wijaya · 2 min read >
Advertisement

Jika dahulu kita melakukan video editing harus menggunakan laptop atau PC. Bagaimana dengan jaman sekarang? Kita bisa melakukan video editing dengan menggunakan smartphone. Apakah hal itu mungkin? tentu saja karena sekarang telah hadir beberapa aplikasi video editing dan salah satunya adalah Kinemaster. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa melakukan hal yang tadinya tidak bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Apakah ini bisa menjadi titik balik menggantikan fungsi laptop?

melakukan editing video dengan menggunakan kinemaster
Sumber:kinesmater.com

Aplikasi ini belum sepenuhnya bisa menggantikan peranan laptop atau komputer tapi setidaknya menjadi alternative. Mengapa saya katakan demikian? Karena tidak semua orang punya laptop atau komputer dan sekarang hampir semua orang punya smartphone. Dengan menggunakan aplikasi Kinemaster video editing kita sudah bisa melakukan editing secara sederhana.

Spesifikasi untuk menjalankan Kinemaster

Untuk menjalankan sebuah aplikasi tentu kita perlu mengetahui spesifikasi smartphone terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena ini akan berpengaruh terhadap kelancaran aplikasi Kinemaster dalam mengolah video.

#1 Android 5.0 atau yang terbaru

Untuk Android, pengguna harus menggunakan smartphone setidaknya Android 5.0 atau android yang terbaru. Bagaimana jika belum Android 5.0? Tentu saja tidak bisa menggunakan Kinemaster terbaru atau bisa menggunakan Kinemaster versi lama.

#2 iOS versi 10 atau yang lebih baru

Bagaimana dengan pengguna iPhone, iPad dan iPod touch? Pengguna setidaknya harus menggunakan iPhone, iPad atau iPod touch yang sudah menggunakan iOS 10 atau yang paling baru. Sebagai informasi bahwa Kinemaster didukung dari iPhone 5s hingga iPhone XS Max kecuali iPhone 5c.

#3 Ukuran file Kinemaster

Ini adalah hal yang penting dan harus kita ketahui yaitu ukuran file Kinemaster. Untuk pengguna Android, ukuran file sebesar 75 MB dan pengguna iPhone sebesar 133,78 MB.

#4 Ram smartphone

Berapa sih besarnya RAM yang harus kita penuhi untuk proses video editing? Menurut saya lebih bagus paling kecil 2 GB, mengapa? Supaya jalannya editing lancar dan tidak nge-lag. Karena saya pernah menggunakan smartphone android RAM 1 GB dan agak nge-lag serta cepat panas. Bagaimana dengan iPhone? Ini yang unik dari iPhone, besarnya RAM tidak terlalu berpengaruh dengan aplikasi ini tetapi minimal iPhone 5S ya. iPhone 5S seperti yang saya lihat di GSMARENA adalah sebesar 1 GB saja.

Fitur – fitur dari Kinemaster aplikasi video editing

#1 Multiple layer

Dengan menggunakan fitur multilayer, artinya ada banyak bagian seperti music, video, spesial efek di dalam satu video. Tentu saja hal ini akan membuat video kita menjadi lebih menarik dengan menggabungkan beberapa bagian menjadi satu.

#2 Bisa memasukkan background musik dan suara

Seperti yang kita bahas pada fitur satu yaitu multilayer, efek suara yang kita masukkan itu bisa kita jadikan background musik. Selain menggunakan musik sebagai background, kita juga bisa memasukkan suara kita sebagai suara dubber.

#3 Memotong video

Dengan menggunakan fitur memotong video, kita bisa melakukan editing untuk bagian yang tidak bagus sehingga bagian tersebut bisa dibuang.

#4 Control kecepatan video

Ada juga fitur yang bisa kita gunakan mengatur kecepatan video. Ini maksudnya bagaimana ya? Ya dengan menggunakan fitur ini kecepatan dari video bisa kita atur cepat atau lambat.

#5 Editing audio

Selain melakukan editing video, kita juga bisa melakukan editing audio. Bagaimana caranya? Misalnya kita bisa menaikkan volume suara tersebut atau menghilangkannya.

#6 Export video 4K 2160p dengan 30fps

Fitur berguna ketika kita sudah selesai melakukan editing video. Jadi kita bisa export video tersebut dalam format 4K dan ini tergantng spesifikasi smartphone yang kita gunakan. Semakin tinggi spesifikasi smartphone maka semakin smooth ketika export menjadi format 4K.

#7 Banyak file format yang didukung

Kinemaster sebagai aplikasi video editing mendukung banyak file format untuk video, audio dan image. Untuk import video yaitu MP4, 3GP dan MOV sedangkan untuk export video yaitu MP4. Untuk audio, kinemaster mendukung format MP3, M4A, AAC, WAV. Untuk image format mendukung JPEG, PNG, WebP, BMP dan GIF (untuk yang berupa gambar dan bukan berupa animasi).

Dimana bisa Kinemaster bisa didapatkan?

Pertanyaan terakhir, apakah susah kita untuk mendapatkan aplikasi Kinemaster ini? Tentu saja tidak. Karena kita bisa mendapatkannya secara gratis di masing – masing toko aplikasi Android atau iPhone. Untuk pengguna Android kita bisa dapatkan di dan untuk iOS, kita bisa dapatkan di .

Jika kita menggunakan yang versi gratis maka akan terlihat watermark Kinemaster di sisi kanan bawah video yang kita edit. Bagaimana cara untuk menghilangkan watermark tersebut? Tentu saja kita harus upgrade menjadi tipe premium untuk Kinemaster ini.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang kita bagikan ini bermanfaat untuk semua orang. Teman – teman juga bisa membantu kita untuk share di media sosial supaya semua orang tahu dengan artikel dari Ikirangga.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *