News

Fitur terbaru yang ada di macOS Catalina

Advertisement macOS Catalina merupakan seri macOS terbaru yang dirilis oleh Apple untuk seri MacBook, iMac, MacBook Pro dan Mac Pro. Ada banyak...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Fitur terbaru macOS Catalina
Advertisement

macOS Catalina merupakan seri macOS terbaru yang dirilis oleh Apple untuk seri MacBook, iMac, MacBook Pro dan Mac Pro. Ada banyak fitur yang kita dapatkan di macOS Catalina jika kita lompat dari macOS High Sierra. Kita akan membahas tentang cara mudah untuk membuat installer usb macOS pada artikel kali ini. Sebelum kita membahas tentang cara mudah membuat installer usb macOS Catalina, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengannya.

Fitur terbaru pada macOS Catalina

Dengan melakukan update seri macOS, tentu saja Apple melakukan beberapa update fitur di macOS Catalina. Ada 5 fitur baru yang ikirangga lansir dari Digital Trend, seperti :

#1 Fitur Sidecar

Ini adalah salah satu fitur yang tergolong baru untuk macOS Catalina yaitu Sidecar. Dengan menggunakan fitur ini, memungkinkan pengguna macOS dapat menggunakan iPad sebagai layar kedua. Layar kedua ini berguna untuk pendamping macOS sehingga kita bisa melakukan drag layar dari macOS ke iPad.

Untuk menghubungkan macOS dengan iPad bisa menggunakan kabel dan juga wireless. Fitur ini compatible dengan fitur Touch Bar yang ada di MacBook Pro.

#2 Fitur Auto Dark Mode

Untuk fitur ini sudah hadir sejak diluncurkan macOS Mojave dan sekarang fitur tersebut hadir juga di macOS Catalina. Fitur ini akan aktif secara otomatis tergantung dari

#3 Fitur Apple Music/Apple TV/Podcast

Sebelumnya macOS menggunakan player yang bernama iTunes dan pada macOS Catalina telah berubah menjadi Apple Music, Apple TV dan Apple Podcast. Aplikasi ini menggantikan posisi iTunes yang telah menemani macOS selama ini.

Bagaimana dengan fungsinya?

menurut press rilis dari Apple, Apple Music mempunyai performance yang lebih cepat dari iTunes dan dapat menampung lebih dari 50 juta lagu, playlist dan video music. Selain sebagai pemutar musik, Apple Music digunakan untuk mengakses Apple Music Store.

Aplikasi selanjutnya adalah Apple TV. Aplikasi ini mampu memutar film dengan resolusi 4K dan Dolby Atmos. Dengan menggunakan Apple TV kita bisa mengakses lebih dari 100 ribu film dan TV Show yang bisa disewa atau dibeli.

Aplikasi yang terakhir adalah Apple Podcast yang disertai dengan lebih dari 70 ribu katalog yang bisa diakses oleh pengguna.

#4 Fitur Screen Time

Nah fitur ini berguna untuk melakukan pengaturan Family atau keluarga. Kita bisa melihat Screen time atau waktu melihat Apple device oleh anggota keluarga yang lain. Tidak hanya melihat screen time tapi juga kita bisa mengatur limit screen time masing – masing anggota keluarga.

Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi kita yang mempunyai anak kecil, jadi bisa mengontrol penggunaan device.

#5 Fitur Photo

Di aplikasi Photo yang hadir di macOS Catalina memiliki sebuah fitur yang baru. Apakah fitur yang baru itu? Fitur ini mampu mengenali photo dengan kualitas rendah dan photo yang duplicate kemudian menghapusnya.

Perlukah fitur – fitur tersebut?

Menurut saya fitur terbaru yang ada di macOS Catalina itu sangat diperlukan. Mengapa? Karena fitur terbaru macOS Catalina ini memberikan perubahan terhadap ekosistem sistem operasi tersebut. Seperti misalnya Dark Mode otomatis, fitur ini berguna untuk menghindarkan mata dari kelelahan saat malam hari.

Apple pasti telah memikirkan manfaat dari fitur – fitur ini dihadirkan pada sistem operasi yang baru saja dirilisnya. Jadikanlah sebuah pengalaman baru ketika mencoba macOS Catalina pada MacBook kesayangan kita.

Terima kasih teman – teman sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang kita bagikan di sini bermanfaat untuk kita semua. Jika artikel ini bermanfaat, teman – teman bisa bantu untuk share ke media sosial.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *