Berita teknologi

Fitur Mute Always Whatsapp dan Expiring Message

Advertisement Whatsapp adalah sebuah aplikasi terkenal yang ada di bumi ini. Dari pengguna smartphone kelas menengah hingga kelas atas menggunakan messenger yang...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Fitur Mute Always Whatsapp
Advertisement

Whatsapp adalah sebuah aplikasi terkenal yang ada di bumi ini. Dari pengguna smartphone kelas menengah hingga kelas atas menggunakan messenger yang satu ini. Ada sebuah fitur yang berfungsi untuk mute sebuah grup yaitu Mute for 1 years dan akan menjadi Fitur Mute Always Whatsapp. Setelah merilis fitur dark theme, akhirnya Whatsapp mulai mengembangkan fitur yang satu ini.

Mengapa Whatsapp melakukan hal ini? Karena tentunya permintaan penggunanya yang terkadang terganggu dengan obrolan di Whatsapp Group. Pernah kita berada di dalam suatu situasi mau keluar tapi tidak enak dan akhirnya kita melakukan mute selama 1 tahun.

Pengembangan Fitur Mute Always Whatsapp

Menu Mute Always Fitur
Sumber: WABetaInfo

Menurut WA Beta Info, fitur ini masih dalam pengembangan oleh pihak Whatsapp. Jadi fitur ini belum muncul untuk pengguna umum dan kemungkinan baru akan muncul untuk pengguna versi beta.

Beberapa catatan penting yang disampaikan oleh WA Beta Info terkait fitur terbaru ini. Catatan penting tersebut adalah sebagai berikut :

  • Untuk Fitur Mute Always belum tersedia.
  • Fitur ini masih dalam pengembangan oleh pihak Whatsapp.
  • Jika anda belum melihat fitur ini maka itu bukan masalah pada aplikasi Whatsapp yang anda gunakan.

Jika masih penasaran sebenarnya versi berapa sih yang sudah ada fitur ini? Sebagai informasi dari WABetaInfo, untuk versi Whatsapp yang sudah memiliki fitur Mute Always yaitu versi 2.20.197.3. Yang harus diingat bahwa versi tersebut merupakan versi beta Whatsapp.

Fitur Expiring Message

Fitur Expiring Message Whatsapp
Sumber: WABetaInfo

Sesuai dengan judul yang sudah saya tuliskan tadi terdapat satu fitur lagi yang sedang dikembangkan oleh Whatsapp. Jika teman – teman pernah menggunakan BBM (Blackberry Messenger ataupun Short Message Service) yang telah menggunakan fitur ini lebih dahulu yaitu menghapus pesan – pesan yang sudah lama. Tampaknya Whatsapp akan menerapkan fitur tersebut yang diberi nama Expiring Message.

Apakah fitur ini akan aktif secara default? Tentu saja tidak, menurut WABetaInfo, fitur ini bisa dinon-aktifkan oleh pengguna dan digunakan sesuai kebutuhan. Hidup itu adalah pilihan jadi aktif atau non-aktif adalah pilihan dari pengguna Whatsapp.

Efek menggunakan fitur Expiring Message

Seperti kita lihat dari pengertiannya, tentu saja dengan mengaktifkan fitur ini maka pesan yang lama akan segera terhapus. Efeknya akan mengurangi penggunaan storage di smartphone Android ataupun iPhone yang kita gunakan.

Mengapa demikian? Karena tiap kata, gambar dan link yang dibagikan melalui Whatsapp akan menggunakan sebagian storage yang ada di smartphone Android. Jika hal tersebut dihilangkan maka akan meningkatkan ruang kosong di storage dan artinya penyimpanan akan semakin lega.

Kebiasaan kita sebagai pengguna Whatsapp jarang atau bahkan tidak pernah menghapus pesan yang sudah lama dan tidak terpakai. Bisa dibayangkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menghapus pesan – pesan tersebut di Whatsapp.

Nah dari penjelas saya barusan telah terlihat fungsi yang kedua selain menghemat tempat juga menghemat waktu dari pengguna Whatsapp untuk menghapus pesan – pesan lama.

Itu adalah dua fitur terbaru yang akan hadir di aplikasi Whatsapp dan tentunya kita nantikan saja diupdate selanjutnya. Selalu stay tune di Google App Store jika ada update terbaru untuk Whatsapp dan periksa apakah fitur ini sudah tersedia.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini memberikan manfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa bantu kita untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *