Fitur Belanja di Whatsapp Business Indonesia
Sumber: Freepik

Fitur belanja di Whatsapp Business Indonesia

Posted on

Saya ingat ketika Blackberry Messenger dulu pernah meluncurkan fitur berjualan Online di BBM. Apakah ini yang menginspirasi fitur belanja di Whatsapp Business Indonesia?  Jika dilihat dari fitur belanja di Whatsapp Business Indonesia seperti mengarah ke arah sana tetapi tidak sepenuhnya sama. Apapun itu yang disematkan, fitur ini bisa digunakan untuk berjualan produk dan mendatangkan pembeli.

Sepertinya dalam dua tahun ini Facebook sebagai pemilik resmi aplikasi Whatsapp melakukan riset terhadap Whatsapp versi bisnis. Mengapa? Karena mereka (dibaca : Facebook) melihat perilaku msyarakat Indonesia yang suka berbelanja dan berjualan menggunakan aplikasi Whatsapp.

Fitur Belanja Whatsapp Business

Tombol beli di Whatsapp Business
Sumber: Whatsapp

Ini adalah satu fitur terbaru disematkan oleh Facebook ke Whatsapp Business. Tentu saja hal ini akan memudahkan orang untuk melakukan penjualan tanpa memiliki website sendiri. Fitur ini hadir pada chat yang ada di Whatsapp Business sehingga ketika seseorang tertarik dengan suatu barang maka bisa langsung membelinya.

Bisa dikatakan bahwa ini layaknya sebuah katalog barang yang akan kita jual. Kita bisa menyebutnya aplikasi kasi chat yang mendatangkan keuntungan.

Whatsapp Business berbayar

Menurut berita yang kami kutip dari Liputan6, Whatsapp mengatakan bahwa mereka akan mengenakan biaya Whatsapp Business. Apakah ini berarti setiap layanan ini tidak akan gratis? Merekan menambahkan bahwa sebagian layanan  akan dikenakan biaya. Mengapa? Karena ini bertujuan untuk membantu perusahaan mengembangkan pesan text, panggilan suara dan video yang terenkripsi secara end to end.

Menurut saya, hal itu wajar dilakukan karena untuk mendapatkan performa yang bagus pada aplikasinya butuh biaya untuk riset. Setidaknya ini adakah simbiosis mutualisme, pengguna mendapatkan manfaat dari aplikasi Whatsapp Business ini dan pihak Whatsapp memperoleh dana untuk pengembangan.

Biaya yang dikenakan

Untuk biaya mereka belum mengungkapkan berapa besarnya biaya yang akan dibebankan kepada pengguna. Biaya yang dibebankan ini tergantung dari jumlah pesan yang dikirimkan dan negara pengguna. Kapan hal ini akan berlaku?  Belum ada kepastian juga untuk hal tersebut.

Semoga Facebook selaku pemilik Whatsapp segera mengumumkan hal tersebut secara resmi ya teman – teman. Supaya kita bisa tahu berapa pengeluaran ketika menggunakan layanan dari Whatsap Business.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di hari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa bantu kita untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.