CCleaner untuk membersihkan cache di smartphone android

CCleaner untuk membersihkan cache di smartphone android

Posted on

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi CCleaner? Setiap pengguna sistem operasi Windows pasti mengetahui aplikasi ringan dan berguna ini. Aplikasi ini juga hadir di smartphone android dan mempunyai fungsi yang sama saat kita menggunakan di Windows. CCleaner untuk membersihkan cache dan sampah tidak berguna di smartphone android.

Menurut saya aplikasi ini sangat berguna baik di smartphone android, mengapa? Karena dengan menggunakan aplikasi ini, saya dapat menghapus cache yang tidak berguna. Yang membuat saya terkesima adalah bisa mendeteksi hidden cache yang ukurannya lumayan besar.

Fitur CCleaner

Kita akan membahas hal yang pertama yang wajib diketahui sebelum install CCleaner di smartphone android. Hal tersebut adalah fitur – fitur yang diberikan oleh CCleaner ini.

1. Optimal dalam membersihkan

Dengan menggunakan CCleaner, kita bisa secara optimal membersihkan sampah yang ada di smartphone android. Sampah ini bisa berasal dari cache aplikasi, download folder yang sudah tidak berguna ataupun dari browser.

2. Mendapatkan kembali ruang penyimpanan

Ketika sudah dibersihkan maka kita akan bisa mendapatkan kembali storage atau ruang penyimpanan seperti semula. Misalnya sebelum dibersihkan hanya tersisa 6 GB dan ternyata setelah dibersihkan beribah menjadi 12 GB. Ini berarti sampah yang terpendam di smartphone android sebanyak 6 GB.

3. Mempercepat perangkat smartphone

Dengan dibersihkannya sampah maka akan mempercepat kinerja smartphone. Adanya ruang gerak yang terbatas sebelum dibersihkan.

4. Meningkatkan performa dan masa pakai baterai

Dengan meningkatnya performa maka akan memperpanjang masa pakai baterai.

5. Menganalisa dampak menggunakan aplikasi CCleaner

Selain berguna untuk membersihkan, CCleaner juga berfungsi untuk menganalisa semua hal yang terjadi pada smartphone. Sebagai contoh analisa terhadap kapasitas photo. Selain itu juga bisa menganalisa aplikasi yang mengkonsumsi daya paling banyak.

6. Mengoptimalkan penyimpanan photo

CCleaner menawarkan fitur untuk kompres ukuran photo sehingga tetap bisa di simpan di storage smartphone. Bagaimana dengan photo originalnya? Kita bisa memindahkan photo tersebut ke cloud storage, misalnya ke Google Drive.

7. Memantau sistem android kita

Selain untuk membersihkan, CCleaner juga bisa membantu kita untuk melakukan hal yang lain. Apa saja itu? Untuk memantau CPU, RAM dan baterai, ini sangat berguna menurut saya. Bayangkan untuk baterai, aplikasi ini bisa mendeteksin temperature, jadi kita bisa tahu kapan harus berhenti beraktifitas menggunakan smartphone.

8. Mudah untuk digunakan

Hal ini berdasarkan apa yang saya rasakan ketika pertama kali menggunakannya. Kita hanya mengikuti step by step untuk membersihkan dan semuanya langsung beres.

Harga CCleaner

Ada versi free dan versi berbayar untuk aplikasi CCleaner ini. Dengan menggunakan versi free kita sudah bisa menggunakan hampir semua fiturnya. Ada beberapa fitur yang menurut saya penting dan tidak aktif di versi free dari aplikasi ini.

Berapa sih harga yang harus dibayar untuk CCleaner Pro? Menurut saya untuk harga masih terjangkau berkisar antara $1.39 sampai dengan $13.39 dan secara otomatis akan terkonversi ke mata uang Rupiah. Tentu saja akan menyesuaikan dengan kurs saat kita beli aplikasi ini.

CCleaner untuk membersihkan cache secara efektif

Seberapa efektif aplikasi ini ketika membersihkan cache? Menurut pendapat saya, aplikasi ini sangat efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di smartphone android. Bahkan, aplikasi ini mampu mendeteksi hidden cache yang tidak terlihat dan ukurannya lumayan hampir 2.5 GB di smartphone saya.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, sahabat Ikirangga juga bisa bantu untuk share supaya lebih banyak yang tahun tentang artikel ini.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.