Main game Nintendo 3DS di Android

Main game Nintendo 3DS di Android

Posted on

Sebelumnya saya sudah membahas tentang cara install game PSP di smartphone android dan sekarang saya akan membahas hal yang berbeda. Konsol lain yang sudah memiliki versi emulatornya adalah Nintendo 3DS. Kita bisa main game Nintendo 3DS di Android untuk saat ini. Bukankah ini adalah hal yang menarik?

Tentu saja hal ini akan membuat hal yang sangat menarik. Ini berarti kita butuh daya cadangan untuk bisa memainkan game 3DS di Android.

Apakah Citra emulator itu?

Citra emulator adalah sebuah emulator open source yang di buat untuk memainkan game 3DS. Pada awalnya, Citra digunakan untuk memainkan di PC tapi seiring perkembangan jaman, hadir juga di android. Jadi smartphone android mempunyai fungsi selain funsgi komunikasi yaitu fungsi hiburan.

Tools yang digunakan untuk main game 3DS

Berikut ini adalah beberapa tool yang kita butuhkan untuk memainkan game Nintendo 3DS. Apa saja tool yang dimaksud?

  1. Citra Emulator yang bisa sahabat dapatkan di Google Play Store atau di Github untuk versi MMJ dan Citra Antutu.
  2. Game Nintendo 3DS yang akan dimainkan. Untuk ekstensi yang disupport oleh Citra adalah .3ds, .cia, dan .decrypted.
  3. ZArchived sebagai file manager dan untuk extract game yang sudah di download. Biasanya game tersebut dalam bentuk compress .zip atau .rar.
  4. Untuk tool ini tidak wajib dipenuhi. Mengapa? Karena ini hanyalah tools tambahan saja, apa itu? Hal tersebut adalah gamepad, sebagai contohnya merk iPega PG-9078 Rp 155.000,- atau Ipega PG-9217 Rp 250.000,- yang bisa dibeli di shopee. Kedua gamepad tersebut menggunakan koneksi bluetooth sehingga tidak akan dipusingkan dengan kabel.

Main game Nintendo 3DS menggunakan Citra emulator

Setelah kita menyiapkan tool yang sudah saya sebutkan di atas. Sekarang adalah inti dari artikel ini yatu tutorialnya.

  1. Install terlebih dahulu emulator Citra di Android yang akan kita gunakan untuk main.
  2. Buatlah sebuah folder yang bernama 3DS Game atau jika ada nama lain juga boleh. Saya sarankan untuk dibuat folder khusus game seperti ini. Mengapa? Karena nantinya citra akan membaca di mana folder yang ada game 3DS-nya.
  3. Setelah itu, game akan muncul pada aplikasi Citra Emulator. Kita klik saja game tersebut dan akan berjalan sebagaimana kita main di real 3DS. Seperti halnya pada PPSSPP, tombol yang muncul dalam bentuk virtual.

Tutorial tambahan

Selain untuk memainkan game yang ada, saya juga akan share tutorial tambahan di Citra emulator. Supaya sahabat jadi tahu jika belum tahu dan tambah ingat untuk yang sudah tahu. Berikut adalah tutorial tambahannya :

1. Menambahkan cheat code

Saya tidak akan mengajarkan untuk bermain gampang, jadi cheat code sini berfungsi supaya game berjalan lancar. Namanya juga bermain game tidak pada console aslinya maka akan ada banyak kekurangannya, seperti lag. Nah untuk mengatasi itu semua, kita akan menambahkan cheat. Apakah setiap game mempunyai settingan yang berbeda? Bisa tidak dan bisa sama. Bagaimana saya mengetahui settingan itu? Sahabat bisa rajin main ke forum – forum Citra atau mencobanya sendiri.

  • Setelah game berjalan, kita tekan tombol home pada layar dan akan muncul menu. Memasukkan cheat ketika main game nintendo 3ds
  • Lalu kita pilih Cheat Code dan pilih edit lalu masukkan datanya sesuai dengan game yang dimainkan. Masukkan cheat yang telah disiapkan untuk main game 3ds
  • Setelah itu pilih back dan akan muncul cheat dengan kolom centang.
  • Centang kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan, biasanya yang berhubungan dengan fps dan speed. Pilih cheat akan digunakan

Berarti nanti akan banyak cheat game yang terpasang, betul sekali. Terkadang cheat code bisa dipakai untuk beberapa game jika cocok.

2. Custom display

Setelah kita masukkan cheat code, waktunya melakukan custom display. Jika kita buka game pertama kali, secara default tampilannya akan layar atas dan layar bawah. Jika sahabat nyaman dengan tampilan tersebut tidak diedit juga tidak apa-apa. Jika sahabat tidak nyaman maka bisa melakukan edit display dengan cara seperti di bawah ini.

  • Pilih logo home lalu pilih custom display pada menu tersebut. Ini berfungsi untuk melakukan custom tampilan layar tempat kita bermain. melakukan custom display untuk main game nintendo 3ds
  • Sekarang kita bisa merubah tampilan sesuai dengan yang kita inginkan. atur tata letak sesuai dengan yang kita inginkan
  • Klik tombol done jika sudah selesai melakukan custom atau oengaturan display.

3. Edit controller

Setelah kita custom display, sekarang waktunya kita edit controllernya. Kita tahu bahwa controller berwujud digital, kita bisa atur sesuai dengan keinginan kita. Bagaimana caranya?

  • Sama seperti kita mau tambah cheat code tadi, klik tombol home dan pilih edit button/toggle control dan icon controller akan berubah warna dan bisa di edit. Memasukkan cheat ketika main game nintendo 3ds
  • Sekarang kita bisa edit tata letaknya yang menurut kita nyaman. Susun tombol sesuai dengan yang kita inginkan untuk main game nintendo 3ds
  • Setelah selesai di edit tata letaknya, klik tombol done di layar.

Spesifikasi smartphone android

Ini hal yang wajib kita ketahui oleh sahabat ikirangga jika ingin memainkan game 3DS menggunakan Citra emulator. Menurut pengalaman saya, akan lebih smooth jika menggunakan smartphone android dengan prosesor snapdragon 855 ke atas. Mengapa? Karena tidak akan banyak menggunakan cheat untuk lancar. Akan berbeda dengan smartphone android yang menggunakan snapdragon di bawah versi tersebut.

Bagaimana dengan yang tidak memenuhi spesifikasi di atas? Saya sudah mencoba bermain dengan menggunakan smartphone Realme XT Snapdragon 712. Citra MMJ ternyata merilis Citra Antutu dan berjalan baik di smartphone tersebut.

Jika ada sahabat yang mempunyai pendapat berbeda dan bisa main dengan lancar dengan trik tertentu, boleh untuk share di kolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan dihari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, sahabat juga bisa membantu Ikirangga blog untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.