Cara cek sertifikat vaksin di aplikasi peduli lindungi

Cara cek sertifikat vaksin di aplikasi peduli lindungi

Posted on

Tampaknya virus corona belum pergi dari muka bumi ini dan bahkan muncul varian terbarunya lagi. Di Indonesia, kita mempunyai sebuah aplikasi untuk mendata siapa saja yang sudah vaksin atau belum. Nama aplikasi tersebut adalah Peduli Lindungi. Vaksin dibuktikan dengan sertifikat yang kita terima, bagaimana cara cek sertifikat vaksin di aplikasi Peduli Lindungi?

Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling share lokasi saat bepergian. Jadi sebelum kita menuju ke suatu daerah, kita akan tahu keadaan di daerah tersebut. Tentu saja ini akan membantu kita untuk lebih berhati – hati ketika di daerah tersebut.

Fungsi aplikasi PeduliLindungi

Sebenarnya hal ini sudah saya tulis pada paragrap sebelum ini dan salah satunya adalah untuk share lokasi. Tujuannya apa? Untuk memberikan informasi kepada orang lain bahwa tempat tersebut aman atau tidak. Selain itu, apakah ada fungsi lain dari aplikasi ini? Tentu saja ada, hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Download sertifikat vaksin
  2. Konsultasi dokter terkait Covid19
  3. Untuk mengetahui regulasi atau aturan sebelum travelling.
  4. Bisa digunakan sebagai syarat masuk ke gedung layanan publik.
  5. Untuk daftar vaksin.

Cara cek sertifikat vaksin

Ini adalah sebuah pertanyaan yang sangat mendasar ketika menggunakan aplikasi ini. Saya sudah vaksin lalu bagaimana cara saya untuk cek sertifikatnya? Mengapa? Karena kita sudah diberitahu bahwa ketika sudah di vaksin maka akan diberikan sertifikat sebagai bukti.

  1. Pertama kali, kita harus login terlebih dahulu di aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstall di smartphone kita.
  2. Sekarang kita klik logo Vaccine Certificate yang ada di halaman utama aplikasi ini. Lalu klik pada nama kita.
  3. Sekarang kita akan melihat sudah berapa sertifikat yang kita punya. Jika ada dua sertifikat maka kita sudah melakukan vaksin sebanyak dua kali.

Cara download sertifikat vaksin yang ada di aplikasi

Kita sudah membahas tentang cara cek sertifikat vaksin, bagaimana cara download sertifkat tersebut? Mungkin sebagian orang akan beranggapan bahwa untuk apa di download, kan bisa kita tujukan saja du aplikasinya. Ada sebagian lagi yang kurang afdol jika belum melihat bentuk fisik dari sertifikatnya. Artinya setelah di download maka akan dicetak.

  1. Seperti biasa, kita buka terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi.
  2. Kemudian, kita akan menemukan sebuah icon Vaccine Certificate lalu klik icon tersebut.
  3. Kita akan dihadapkan pada nama kita sebagai penerima vaksin, misal dalam case ini saya yaitu Rangga Wijaya. Klik nama tersebut dan kita akan dihadapakan pada sertifikat vaksin.
  4. Klik salah satu sertifikast vaksin tersebut dan akan ada tombol download di sebelah kanan bawah.
  5. Jika kita klik download maka secara otomatis akan terdownload sertifikat tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di hari ini bermanfaat untuk kta semua. Oya, sahabat ikirangga juga bisa share artikel ini supaya lebih banyak yang tahu. Jangan biarkan kebaikan hanya berhenti di kita saja.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.