Cara mudah klaim sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi
Sumber: Detik.com

Cara mudah klaim sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi

Posted on

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas untuk melihat sertifikat vaksin pada aplikasi PeduliLindungi. Sekarang saya akan membahas tentang cara mudah klaim sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

Mengapa saya ingin berbagi hal ini? Hal ini bermula ketika saya membantu bapak dan ibu untuk daftar aplikasi PeduliLindungi di smartphone android. Ketika saya melihat dibagian riwayat kartu vaksin (Vaccine Certificate), saya tidak menemukan riwayat kartu vaksinnya. Tentu saja hal ini membuat saya terkejut karena bapak dan ibu sudah melakukan vaksin sebelumnya.

Cara mudah klaim sertifikat vaksin

Ini adalah beberapa langkah yang penting untuk melakukan klaim sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Teman – teman bisa ikuti langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Sekarang kita buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstall di smartphone android.
  2. Klik pada bagian profil yang berada pada bagian kanan atas, ada tulisan Hi, Rangga Wijaya jika di smartphone saya.
  3. Akan tampak beberapa menu, salah satunya adalah Vaccine Certificate dan klik menu tersebut. Jika sertifikat vaksin tidak tampil maka kita bisa klik menu klaim yang ada pada halaman tersebut.
  4. Akan tampil halaman untuk klaim sertifikat vaksin dan isi informasi vaksin yang telah kita lakukan. Ini tampil sebagai informasi pribadi kita, mulai dari warga negara, nama lengkap, tanggal lahir hingga tanggal vaksin. Untuk tanggal vaksin isi salah satunya saja, mana yang masih ingat secara pasti. Isi data klaim sertifikat vaksin
  5. Setelah di isi semua maka kita langsung saja klik tombol klaim yang ada dibagian bawah.

Mengapa hal ini penting?

Menurut saya hal ini sangat penting ketika kita membutuhkan untuk mengakses serifikat secara online. Misal ketika ada pemeriksaan dan diminta untuk menunjukkan serifikat vaksin maka kita bisa tunjukkan yang online. Memang kita bisa cetak dalam bentuk kartu tapi alangkah baiknya kita mempunyai data yang asli diaplikasi PeduliLindungi.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu Ikirangga Blog dengan cara share artikel ini supaya lebih banyak yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.