Ada fitur terbaru Telegram, salah satunya Auto-Delete Message

Ada fitur terbaru Telegram, salah satunya Auto-Delete Message

Posted on

Persaingan di bisnis messenger akan semakin sengit saja, salah satunya adalah dengan hadirnya Signal. Signal memang memberikan warna dan semangat baru di dunia bisnis messenger. Salah satu messenger yang terkenal itu adalah Telegram, walaupun kalah tenar dari Whatsapp tetapi telegram bisa dikatakan terkenal juga. Ada beberapa fitur terbaru Telegram yang merekan update belum lama ini.

Update ini dilakukan oleh Telegram untuk meningkatkan kesetiaan penggunanya dan tentu saja mengundang banyak pengguna baru. Update fitur ini tentu saja membawa banyak perubahan pada Telegram, apa saja fitur – fitur tersebut? Apakah akan membuat kita menjadi terkesima dan beralih ke Telegram?

Ada fitur terbaru telegram untuk update terbaru

Sebenarnya apa saja fitur terbaru telegram untuk update terbaru yang telah mereka lakukan? Mari kita bahas satu per satu di artikel kali ini sahabat Ikirangga.

1. Auto-Delete Messages

Dengan adanya fitur ini, memungkinkan Telegram disetting untuk delete pesan secara otomatis. Misalnya kita melakukan pengaturan pesan akan didelete setelah 24 jam sejak pesan tersebut telah terkirim. Secara otomatis maka pesan tersebut akan terhapus setelah 24 jam. Ini seperti layaknya mengirimkan pesan rahasia dengan jangka waktu tertentu, mirip dengan film Mission Imposible.

Ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah dilakukan pengaturan saja. Bagaimana dengan pesan yang telah dikirim sebelumnya? Tentu saja tidak akan terhapus.

2. Expring invite link

Ini biasanya dilakukan untuk melakukan invite member secara massal ke dalam sebuah grup atau channel. Secara teknisnya kita membagikan link invitation kepada beberapa orang dengan tujuan mereka masuk grup tanpa kita memasukan secara langsung. Tentu saja link ini akan terus berlaku sampai kita melakukan revoke atau reset link invitation.

Pada fitur yang terbaru ini, yaitu expiring invite link, kita bisa melakukan pengaturan sampai kapan batas expire link tersebut. Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu capek untuk melakukan revoke manual link invitation yang telah kita bagikan.

3. Home Screen Widget

Dengan menggunakan fitur Screen Widget, kita bisa melihat aktivitas yang ada di Telegam secara langsung. Ini serasa kita memasang kamera cctv di dalam sebuah aplikasi bernama Telegram. Fitur ini berguna untuk kita yang tidak sempat untuk melihat Telegram secara keseluruhan alias membuka aplikasi ini.

4. Unlimited member group

Jika anggota grup telah mencapai 200 ribu member maka secara otomatis tidak akan bisa menerima anggota baru lagi. Telegram mempunyai solusi untuk bisa membuatnya menjadi unlimited yaitu dengan cara konversi menjadi sebuah Broadcast Group. Memang yang hanya bisa posting hanya admin tetapi jumlah peserta tidak akan dibatasi alias unlimited member.

5. Improve chat import

Bila kita adalah pengguna Whatsapp dan akan beralih ke Telegram maka kita bisa melakukan chat export. Setidaknya kita bisa meakukan sebanyak 1000 chat yang bisa kita export ke Telegram. Menurut saya ini adalah fitur yang sangat berguna. Pada update kali ini mereka juga melakukan improve untuk fitur chat export ini.

Nah teman – teman, ini adalah update fitur pada Telegram dan salah satunya ada auto-deleted message yang saya yakin akan sangat berguna. Ada juga beberapa update yang bisa mendukung kebutuhan teman – teman ketika menggunakan Telegram.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa bantu Ikirangga Blog untuk membagikan artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

 

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.