Aplikasi android

5 Aplikasi Office untuk sistem operasi Android

Advertisement Apa yang terfikir jika saya membahas tentang menulis sebuah artikel di aplikasi Office? Tentu saja kita akan langsung berfikir tentang menulis...

Written by Rangga Wijaya · 2 min read >
5 Aplikasi Office Android
Advertisement

Apa yang terfikir jika saya membahas tentang menulis sebuah artikel di aplikasi Office? Tentu saja kita akan langsung berfikir tentang menulis menggunakan Microsoft Office atau aplikasi sejenisnya. Bagaimana jika saya mengatakan bahwa kita bisa melakukan itu semua tanpa menggunakan laptop atau PC? Tentu akan timbul pertanyaan lain, perangkat apa yang bisa kita gunakan? Kita bisa menggunakan smartphone Android untuk menulis. Setidaknya ada 5 aplikasi office yang bisa kita gunakan untuk menulis di Android.

Pada jaman sekarang, smartphone atau tablet android bukan hanya sebagai pelengkap komunikasi saja atau untuk main game saja tetapi bisa juga kita gunakan untuk bekerja. Lantas apa yang bisa kita lakukan supaya android bisa untuk kerja? Kita bisa menginstall salah satu dari aplikasi Office yang akan kita bahas nanti.

Apakah susah untuk membuat artikel dengan menggunakan aplikasi Office di Android? Jika kita menggunakan layar yang lebar maka akan mudah untuk menulis artikel. Selain untuk menulis, aplikasi Office ini bisa juga kita gunakan sebagai viewer file yang telah ditulis di laptop atau PC.

5 Aplikasi Office untuk sistem operasi Android

Tadi kita sudah membahas tentang latar belakang yang menarik tentang sistem operasi Android. Ada 5 aplikasi Office yang menurut saya bisa teman – teman gunakan salah satu untuk kerja di tablet atau smartphone Android.

#1 Google Docs | Play Store

Google docs adalah salah satu dari product google yang bisa digunakan untuk bekerja untuk membuat artikel atau pekerjaan menulis yang lain. Bagaimana jika kita akan membuat table yang mirip dengan Microsoft Excel? Kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Google Sheets. Lalu produk lain untuk menggunakan Google Slide untuk membuat atau membaca file dengan format .ppt atau powerpoint. Tentu saja aplikasi ini disediakan gratis oleh Google.

#2 Smart Office | Play Store

Untuk aplikasi kedua adalah aplikasi Smart Office. Menurut pendapat saya, aplikasi ini ringan dan enak untuk digunakan sebagai aplikasi Office mobile. Terdapat fitur edit dan view, ini adalah fitur yang menarik untuk sebuah aplikasi gratis yang ada di Google Play Store. Selain sebagai perlengkapan untuk office, smart office menyediakan juga fitur untuk PDF nya sehingga kita tidak download aplikasi secara terpisah.

Untuk support aplikasi yang didukung antara lain Microsoft Office: Word (doc, docx), PowerPoint (ppt, pptx) and Excel (xls, xlsx). Jika kita mendapatkan file Microsoft Word 2007 ke atas, bisa langsung untuk di view ataupun di edit menggunakan smart office.

Untuk support bahasa, smart office di dukung hampir 37 bahasa yang ada di dunia, antara lain Arabic, Azerbaijani, Chinese (Simplified & Traditional), Czech, Danish, Dutch, English, Faroese, Finnish, Georgian, Greek, Hebrew, Hindi, Hungarian, Italian, Japanese, Korean, Kurdish, Latvian, Lithuanian, Maltese, Norwegian, Polish, Portuguese (Portugal & Brazil), Russian, Scots Gaelic, Slovak, Slovenian, Spanish (Spain & Mexico), Swedish, Turkish, Vietnamese, Yiddish.

#3 Polaris Office | Play Store

Untuk Polaris Office, sebenarnya memiliki fitur yang mirip dengan Smart Office, mendukung untuk view dan edit. Untuk format file yang didukung oleh Polaris Office antara lain Format File yang Didukung : DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX, PPS, PPSX, TXT, HWP, ODT dan PDF.

Bagaimana dengan dukungan bahasa? Polaris mendukung 18 dan diantaranya ada Bahasa Inggris, Perancis, Arab, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, dan Jepang.

#4 Microsoft Office | Play Store

Untuk aplikasi yang satu ini memang sudah berpengalaman dibidang Office sejak dahulu kala. Siapa sih yang tidak kenal Office dari Microsoft? Pasti teman – teman menggunakannya di laptop atau PC masing. Selain didunia desktop dan laptop, Microsoft Office lahir juga untuk perangkat mobile dan kali ini muncul di Android.

Untuk fitur sebenarnya hampir sama dengan beberapa Office yang telah saya sebutkan tadi tapi yang membuat pembeda adalah kita sudah familiar dengan nama Microsoft Office.

#5 WPS Office | Play Store

Yang kelima adalah WPS Office yaitu sebuah aplikasi Office milik perusahaan asal China, Kingsoft. Jika mendengar Kingsoft maka tidak asing lagi dengan perusahaan ini karena perusahaan ini memang mempunyai produk yang berhubungan dengan Office. Untuk aplikasi WPS Office ini bersifat multi-platform yang artinya tersedia juga untuk sistem operasi yang lain. Ada dua tipe dari aplikasi WPS Office ini, yang free dan berbayar. Yang berbayar ada tambahan untuk convert pdf, cloud penyimpanan dan tidak ada iklan di dalamnya.

Kesamaan dari 5 aplikasi office tersebut yaitu didukung untuk membaca format office yang umum yaitu DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX. Untuk setiap aplikasi sudah bisa dihubungkan dengan cloud storage seperti Google drive, Dropbox, One Drive dan masih banyak lagi cloud storage yang bisa digunakan.

Nah itu ada ada 5 aplikasi yang bisa teman – teman coba untuk melakukan pekerjaan selain menggunakan laptop atau PC. Teman – teman bisa pilih salah satunya dan tidak harus kelimanya diinstall di tablet atau smartphone Android. Kalo saya lebih suka menggunakan Smart Office dan Google Docs, bagaimana dengan teman – teman?

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *