Hot Tips

Mengirim gambar di Whatsapp tanpa mengurangi kualitas

Advertisement Untuk hot tips kali ini adalah cara mengirim gambar di Whatsapp tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Sebenarnya ini bukanlah hal...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
mengirimkan file gambar di Whatsapp tanpa kehilangan kualitas
Advertisement

Untuk hot tips kali ini adalah cara mengirim gambar di Whatsapp tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru bagi orang yang sudah biasa mengirim file gambar menggunakan Whatsapp tapi ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara ini. Whatsapp akan melakukan compress terhadap file gambar yang dikirim, walaupun file tersebut mempunyai kualitas tinggi. Apa yang terjadi ketika sebuah file gambar di compress ukurannya oleh Whatsapp? Tentunya kualitasnya akan turun jauh dan akan pecah ketika dilakukan zoom.

Mengapa pihak Whatsapp melakukan compress terhadap file gambar yang mempunyai kualitas tinggi? Sejatinya Whatsapp adalah sebuah aplikasi pengiriman pesan yang harus melakukan pengiriman secara cepat dan menghemat space ketika mengirimkan file gambar. Bagaimana jika file ini tidak dilakukan compress? Tentu saja akan memperlambat pengiriman gambar selain dari menghabiskan space storage yang ada di smartphone Android ataupun iPhone.

Bisa dibilang cara ini adalah salah satu trik yang bisa kita gunakan di Whatsapp selain dari menonaktifkan double ceklist atau keluar tanpa ketahuan dari grup Whatsapp.

Ukuran maksimal file document

Memang berapa sih ukuran file document yang dijinkan oleh Whatsapp? Sebagai informasi ya teman – teman, untuk ukuran file yang bisa dikirimkan oleh Whatsapp adalah 64 MB untuk Android dan 128 MB untuk iPhone (iOS). Oleh karena itu kita memanfaatkan ukuran maksimal ini untuk mengirimkan file gambar sebagai file document.

Mengirim gambar di Whatsapp

Berikut ini kita akan membahas beberapa langkah mengirim gambar tanpa kehilangan kualiats dari gambar tersebut. Walaupun Whatsapp melakukan compress terhadap file gambar tapi kita tetap punya celah untuk mengirimkannya secara utuh tanpa di compress.

  1. Seperti biasa, buka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp kesayangan yang ada di smartphone Android.
  2. Pilih salah satu contact yang ada di Whatsapp untuk di kirim file gambar.
  3. Sekarang kita sudah berada pada salah satu kontak tersebut dan coba untuk kirim file gambar dengan cara klik icon attachment lalu pilih Document. Pilih file gambar apa yang akan kita kirimkan ke no kontak yang telah kita pilih tadi.Mengirimkan file gambar di chat Whatsapp
  4. File gambar yang telah kita pilih tadi sudah terkirim sebagai file document. Untuk penampakan setelah kita kirim nanti adalah seperti gambar di bawah ini.Bentuk file gambar dalam bentuk file document

Kelebihan dan kekurangan cara ini

Suatu cara atau trik tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Bagaimana dengan cara ini? Apakah mempunyai kelebihan dan kekurangan? Tentu saja ada.

#1 Kekurangan

Kekurangan yang langsung terlihat adalah akan membuat storage menjadi cepat penuh. Mengapa? Karena file gambar yang akan kita terima adalah file asli dengan ukuran maksimal 64 MB. Jika lebih dari 64 MB saya sarankan teman – teman menggunakan sarana cloud storage seperti Google Drive atau yang lainnya.

#2 Kelebihan

Tentu saja akan mendapatkan file gambar dengan ukuran yang sebenarnya. Tentu saja dengan syarat tidak melebihi batas maksimal 64 MB. Saya kira jarang ukuran file gambar normal yang ukurannya melebihi 64 MB.

Jadi gunakanlah cara mengirim gambar di Whatsapp tanpa mengurangi kualitas ini sesuai kondisi dan kebutuhan. Jika masih bisa menggunakan cloud storage, ada baiknya teman – teman menggunakan cloud storage seperti Google Drive untuk menampung file yang berukuran besar.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *