Hot Tips

Transfer photo Facebook ke Google Photo ternyata mudah lho

Advertisement Ruang penyimpanan pada saat ini bukan hanya sebatas hardisk, flashdisk ataupun SSD. Pada saat ini orang sudah banyak menggunakan teknologi cloud...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Advertisement

Ruang penyimpanan pada saat ini bukan hanya sebatas hardisk, flashdisk ataupun SSD. Pada saat ini orang sudah banyak menggunakan teknologi cloud storage sebagai penyimpanan, walaupun penyimpanan offline seperti di hardisk tetap dilakukan. Sebagai contohnya photo yang ada di facebook, ternyata transfer photo facebook ke Google Photo bisa dilakukan dan menurut saya sangat berguna. Mengapa? Karena melakukan backup photo atau video dari satu platform ke platform yang lain akan sedikit melepas kekhawatiran jika suatu saat photo atau video tersebut hilang.

Transfer photo Facebook

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang pasti menggunakan facebook untuk mengupload video ataupun photo. Jadi google photo bisa kita gunakan sebagai backup file yang ada di facebook.

Transfer photo Facebook ke Google Photo

Ada enam langkah yang harus kita lakukan supaya misi kita untuk transfer photo atau video dari facebook ke Google Photo bisa terlaksana. Apa sajakah enam langkah tersebut? Mari kita bahas bersama – sama sesuai dengan langkah – langkah di bawah ini.

  1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah login ke akun facebook lalu lanjutkan dengan mengakses menu setting yang ada di kanan atas.
  2. Pada menu setting, akan tampak menu baru yang bernama “Your Facebook information” lalu pilih menu tersebut.
  3. Akan muncul pilihan setelah melakukan langkah kedua yaitu “Transfer a copy of your photos or videos” dan kita harus memilih menu tersebut untuk bisa ke langkah selanjutnya.
  4. Kita akan diminta untuk memasukkan password facebook sebagai otorisasi untuk melakukan langkah ini.  Seteah itu pilih  “Choose destination” dan Google Photos.
  5. Sekarang kita pilih file yang akan ditransfer, bisa photo atau video alu pilih tombol next.
  6. Selanjutnya kita login ke akun Google Photo untuk memberikan izin kepada user facebook untuk melakukan transfer video atau photo.

Tujuan back photo dan video

Tentunya semua hal yang dilakukan mempunyai tujuan yang ingin dicapai dan ini sama dengan tutorial kali ini, yaitu cara transfer photo Facebook. Hal ini memiliki kesamaan jika kita hanya menyimpan sebuah file di satu tempat saja. Apa yang terjadi bila hardisk atau flashdisk terserang virus? Maka akan habis data yang telah kita simpan tersebut, termasuk photo dan juga video.

Google drive saya analogikan sebagai second storage dan facebook main storage. Jadi ketika suatu saat photo dan video yang disimpan di facebook itu terhapus atau dihapus, kita masih punyai cadangannya. Kita tidak tahu lho, sampaikan kapan layanan facebook ini, seperti halnya umur manusia tidak ada yang tahu.

Bagaimana teman – teman untuk langkah – langkah diatas? Apakah mudah? Saya yakin teman – teman sudah bisa mengikuti langkah – langkah yang saya jelaskan di atas.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share supaya artikel ini lebih banyak yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *