cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel
Sumber: Telkomsel

Memperpanjang masa aktif kartu telkomsel tanpa isi pulsa

Posted on

Di Indonesia ada beberapa provider kartu telephone yang bersifat pascabayar dan salah satunya adalah Telkomsel. Terkadang kita bingung cara memperpanjang masa aktif kartu tanpa harus membeli pulsa lagi. Ini biasanya terjadi pada orang yang hanya sekali – sekali menggunakan pulsa untuk telephone atau sms. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini orang lebih banyak membeli paket data tapi bukan berarti tidak ada yang membeli pulsa.

Ada suatu kondisi dimana kita masih mempunyai pulsa yang cukup, misalnya masih sejumlah Rp 60 ribu tapi masa aktifnya tinggal 5 hari lagi. Pada saat itu kita bisa memperpanjang masa aktif kartu dengan uang Rp 60 ribu yang ada pada kartu kita. Biasanya ini terjadi pada kartu yang jarang dipakai tapi tidak ingin dinon-aktifkan. Saya bisa cerita karena saya pernah pada kondisi ini, terkadang di nomor yang tidak terlalu sering dipakai ini masih banyak teman yang menghubungi. Sekarang nomor tersebut tidak ada lagi dan kemungkinan besar kondisi ini ada dari teman – teman sedang mengalaminya.

Apakah kartu pasca bayar itu?

Tadi sempat saya singgung sedikit jenis kartu simPATI adalah salah satu kartu pascabayar. Jadi kartu pascabayar adalah sebuah kartu SIM yang hanya bisa digunakan layanannya ketika kita sudah membeli balance dengan nominal tertentu. Secara mudahnya kita isi pulsa terus baru setelah itu kita bisa pakai buat telephone atau sms.

Jenis masa aktif kartu telkomsel

Berbicara masalah masa aktif kartu yang akan bisa kita perpanjang tanpa mengisi pulsa itu ada tiga jenis. Beapa hari sajakah yang bisa kita perpanjang untuk kartu telkomsel tersebut?

  1. 7 hari, jadi sini kita memperpanjang hanya 7 hari saja.
  2. 30 hari, pada pilihan kedua ini kita bisa memperpanjang selama 30 hari atau 1 bulan.
  3. 90 hari, untuk pilihan yang ketiga ini lumayan panjang.

Tiga masa aktif tersebut membutuhkan jumlah pulsa yang berbeda – beda untuk mengaktifkannya.

Memperpanjang masa aktif kartu telkomsel

Berikut ini adalah cara untuk melakukan perpanjangan masa aktfi kartu tanpa membeli pulsa. Dalam hal ini bahwa pulsa sudah ada di dalam SIM Card Telkomsel tapi masa aktifnya sudah hampir habis. Mari kita mulai saja ritual untuk memperpanjang masa aktif kartu telkomsel.

  1. Sentuh logo Phone yang ada di smartphone Android kita (tenang saja tutorial ini bisa juga diterapkan di iPhone atau hp non-smartphone).
  2. Kemudian masukkan kode *999# lalu akan muncul menu pop-up dan lihat menu paling bawah yaitu no. 3 paket lainnya. Teman – teman bisa ketik 3 kemudian send/kirim.
  3. Lalu akan muncul lagi menu pop-up dan lihat menu paling bawah itu No. 5 Lainnya. Ketikan 5 kemudian klik send/kirim.
  4. Selanjutnya akan muncul lagi menu pop-up dan teman – teman perhatikan menu paling bawah yaitu No 7 Lainnya. Ketikan kembali 7 kemudian send/kirim.
  5. Kemudian akan muncul menu pop-up lagi dan lihat pada No 8 Layanan lainnya. Ketika 8 lalu kemudian send/kirim.
  6. Kemudian pilih no 3 Paket masa aktif dan ketik 3 lalu send/kirim. Kemudian kita akan dihadapkan pada pilihan masa aktif yaitu 7 hari Rp 5 ribu, 30 hari 15 ribu dan 90 hari Rp 30 ribu. Silahkan pilh sesuai dengan kebutuhan teman – teman.

Cara di atas memang tampaknya harus dilalui untuk memperpanjang masa aktif kartu telkomsel. Memang tampaknya panjang tapi jika sudah dikerjakan di smartphone akan menjadi pendek.

Selamat mencoba sahabat Ikirangga.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel tentang cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel ini bisa berguna untuk kita semua. Teman – teman juga bisa batu share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.