Hot Tips

Fitur Two-Factor Authentication untuk security gmail

Advertisement Isu keamana sering melanda pengguna sosial media, email dan semua hal yang berhubungan dengan dunia maya. Bisa kita bayangkan 1 orang...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Google Authority
Advertisement

Isu keamana sering melanda pengguna sosial media, email dan semua hal yang berhubungan dengan dunia maya. Bisa kita bayangkan 1 orang sekarang bisa memiliki lebih dari 1 akun di dunia maya, contohnya email dan sosial media. Ada sebuah fitur yang sekarang telah banyak diaplikasikan yaitu Two-Factor Authentication.

Hal ini tentunya diciptakan karena banyaknya masalah keamanan atau security yang telah dibobol oleh hacker atau cracker. Tips sederhana yang sering diberikan oleh pemilik sebuah website adalah mengganti password email secara berkala, misalnya 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Penggantian password ini tampaknya bukan solusi yang efektif untuk masalah ini. Mengapa? Karena solusi ini hanya bersifat sementara dan kebanyakan membuat repot pengguna. Kita bisa bayangkan dalam 2 minggu atau 1 bulan sekali harus menciptakan 1 password dan itu harus diingat.

Mengaktifkan fitur keamanan tambahan

Ini adalah salah satu solusi yang bisa kita coba untuk mengamankan akun sosial media, email dan semua yang ada di dunia maya. Apakah fitur keamanan yang wajib diaktifkan sekarang ini? Fitur itu adalah Two-Factor Authentication.

Fitur ini pertama kali saya gunakan ketika melakukan perdagangan bitcoin di indodax. Kita tidak akan membahas indodaxnya tapi kita akan membahas keamanannya. Untuk bisa masuk atau login kita membutuhkan 2 kali password. Ada sebuah hal yang unik yaitu password kedua itu bukan kita yang create tapi ada sebuah aplikasi google yang melakukan generate.

Cara kerja Fitur Two-Factor Authentication

Tadi kita sudah melihat sekilas tentang fitur Two-Factor Authentication yaitu bertugas menggenerate password kedua. Lalu bagaimana cara kerjanya ketika fitur ini diaplikasikan pada akun gmail yang kita miliki?

#1 Kita aktifkan terlebih dahulu fitur ini terlebih dahulu, dalam case ini saya mengaktifkan di akun gmail saya.

#2 Sekarang kita akan coba untuk login ke akun gmail yang kita miliki. Pertama kita masukkan password seperti biasa.

#3 Setelah itu akan muncul kolom untuk memasukkan password yang kedua. Password ini akan muncul berupa OTP (Otomatic Temporary Password) ataupun bisa kita generate dari aplikasi Google Authenticator.

#4 Kita bisa klik login untuk masuk ke halaman utama akun Gmail.

Yang perlu diingat adalah OTP ini hanya berlaku jika teman – teman login di device yang asing menurut google. Misal teman – teman biasa login di Smartphone atau laptop, suatu saat kita login di PC milik orang lain. Pada saat itulah google akan meminta Two-Factor Authentication number.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang kita bagikan di sini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu kita untuk share di media sosial jika artikel ini dirasa berguna.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *