Hot Tips

Fitur rahasia Gmail yang wajib kita coba

Advertisement Siapa yang tidak tahu tentang aplikasi email kepunyaan Google yaitu Gmail. Saya dan teman – teman sudah menggunakannya mungkin lebih dari...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Fungsi rahasia Gmail yang wajib kita coba
Advertisement

Siapa yang tidak tahu tentang aplikasi email kepunyaan Google yaitu Gmail. Saya dan teman – teman sudah menggunakannya mungkin lebih dari sepuluh tahun lamanya serta sudah akrab di telinga kita. Setiap kali kita mengisi kolom alamat email pasti kita mengisinya dengan alamat email kepunyaan Google yaitu blabla@gmail.com. Sebenarnya adakah Fitur rahasia Gmail yang wajib kita ketahui ketika sekian lama menggunakannya?

Sebenarnya saya penasaran dengan fitur yang dimiliki Gmail. Tapi sebelumnya mari kita bahas hal yang satu ini, mengapa kita menggunakan Gmail sebagai alamat email? Karena dengan menggunakan Gmail maka kita bisa menikmati fasilitas atau aplikasi lain yang disediakan oleh Google. Tentunya kita menggunakan smartphone Android dan Gmail menjadi jembatan untuk kita menggunakan smartphone Android.

Fitur rahasia Gmail

Nah sekarang kita akan bahas apa saja sih fitur Gmail dan pada pembahasan kali ini setidaknya ada empat fitur yang wajib kita ketahui. Apakah empat fitur tersebut?

#1 Panel seperti Microsoft Outlook

Pada Microsoft Outlook kita bisa melihat pesan tanpa meninggalkan inbox dan fitur ini sebenarnya ada juga di Gmail.  Kita menggunakannya jika membuka Gmail menggunakan PC/Laptop karena memiliki bidang yang lebih luas daripada smartphone.

Jika kita lihat di sebelah kanan atas terdapat logo gigi roda untuk melakukan setting lalu membuka menu Quick Panel lalu ceklist pada bagian Read Panel. Setelah itu pilih Right to Inbox atau Below Inbox.

#2 Kirim file attactment ukuran besar

Ini tentunya sangat berguna bagi orang sering mengirimkan gambar kepada client tapi dengan ukuran gambar yang besar. Bagaimana dengan Gmail? Apakah bisa mengirimkan gambar dengan ukuran di atas 25 MB? Tentu saja bisa. Bagaimana caranya?

Jika melebihi batas ketentuang email maka Gmail akan langsung upload gambar tersebut ke Google Drive dan menyertakan link langsung di email kita. Jadi si penerima akan langsung bisa download link yang kita berikan di email yang di kirim.

#3 Mute email yang mengganggu

Fitur lain yang tidak kalah penting di Gmail yaitu “mute” email yang menurut kita agak mengganggu tapi terkadang kita butuh isi email tersebut. Nah bagaimana cara kerja fitur ini? Ketika fitur ini diaktifkan maka secara otomatis email yang masuk akan segera dipindahkan ke folder archieve jadi masih tetap bisa diakses ketika dibutuhkan.

#4 Menunda pengiriman email

Ada sebuah fitur yang dimiliki oleh Gmail yaitu menunda pengiriman sebuah email tapi bukan membatalkan ya teman – teman. Jadi fitur ini sebenarnya berfungsi untuk mengingatkan kita jika ada sebuah atau beberapa email yang akan kita kirim pada hari ini atau beberapa hari ke depan. Serasa memiliki seorang asisten pribadi yang mengingatkan sebuah jadwal mengirim email.

Alasan menggunakan Gmail

Alasan mengapa menggunakan Gmail bagi semua orang adalah kemudahaan yang didapat. Bayangkan teman – teman, dengan menggunakan Gmail, kita sudah terhubungan dengan email, blogspot, Google Play Store, Android, Maps dan masih banyak lagi.

Jadi tidak ada ruginya untuk saat ini kita menggunakan Gmail tetapi yang perlu diingat adalah ingat password dan jangan lupa akan privacy.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di hari ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *