Cara menggunakan aplikasi Intra di smartphone Android

Cara menggunakan aplikasi Intra di smartphone Android

Posted on

Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang aplikasi Intra pada smartphone Android dan lebih kepada fungsi aplikasi ini. Pada artikel kali ini saya akan share tentang cara menggunakan aplikasi Intra di smartphone Android. Bagaimana caranya? Apakah susah untuk menggunakannya?

Ada sesuatu yang akan saya beritahukan kepada temen – teman, apakah itu?Sebenarnya apa sih aplikasi Intra itu? Aplikasi Intra adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melindungi dari DNS attack. Jadi bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini sangat penting untuk digunakan di smartphoone Android yang kita miliki.

Cara menggunakan aplikasi Intra

Berikut ini ada beberapa langkah yang harus kita lakukan ketika menggunakan aplikasi Intra. Apa saja langkah – langkah tersebut? Mari kita bahas bersama.

  1. Saya anggap teman – teman sudah melakukan install aplikasi Intra di smartphone Android masing – masing.
  2. Kemudian kita buka aplikasi tersebut dan kita akan diperintahkan untuk mengaktifkan VPN. Aktifkan saja VPN tersebut dan kemudian akan aktif aplikasi Intra yang akan kita gunakan. Mengaktifkan VPN di aplikasi intra
  3. Apakah langkah ini sudah selesai? Tentu saja belum. Sekarang kita buka menu di sebelah tulisan intra dengan logo 3 garis. Kita klik logo tersebut dan pilih tulisan setting. Melakukan pengaturan pada aplikasi intra
  4. Pada menu setting, kita akan memilih DNS Server mana yang akan kita pilih. Sekarang klik pada Select DNS over HTTPS Server dan akan tampak dua menu tambahan yaitu Built-in server dan Custom server URL. Mengatur DNS Server pada aplikasi Intra
  5. Untuk pilihan yang pertama, kita bisa memilih DNS Server yang telah disediakan oleh aplikasi Intra, seperti Google Public DNS, Cloudflare 1.1.1.1 DNS, Quad9 Secure DNS, CleanBrowsing Security  Filter dan masih banyak lagi.
  6. Untuk pilihan yang kedua, kita bisa menggunakan custom URL yang kita miliki, misalnya menggunakan DNS Google.
  7. Saya anggap teman – teman sudah menentukan pilihan, sebagai contoh saya memilih Google Public DNS.

Sekarang sistem smartphone Android yang kita miliki telah berada pada perlindungan aplikasi Intra. Buktinya apa? Kita sekarang telah menggunakan Google Public DNS sebagai perlindungan sehingga tidak langsung beriterasi tanpa perlindungan.

Custom server URL

Bagaimana bentuk dari custom server URL yang tadi telah disebutkan sebelumnya? Berikut ini adalah contoh dari custom server URL yang bisa kita gunakan.

  1. PureDNS: https://puredns.org/dns-query
  2. Google: https://dns.google/dns-query
  3. Cloudflare: https://cloudflare-dns.com/dns-query

Teman – teman bisa pilih salah satu dari custom server URL di atas. Mengapa demikian? Karena aplikasi Intra hanya mengijinkan 1 custom server URL saja. Seadainya bisa lebih dari satu maka sistem akan kebingungan untuk menggunakan DNS URL yang mana. Tujuannya sebenarnya sama dengan DNS Server yang telah disiapakan oleh melindungi dari DNS Attack.

Terima kasih teman – teman sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, sahabat Ikirangga juga bisa membantu dengan cara share artikel ini supaya lebih banyak yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.