8 Fitur ColorOS 11 yang menjadi unggulan pada Android 11

8 Fitur ColorOS 11 yang menjadi unggulan pada Android 11

Posted on

Seperti yang telah saya beritahukan sebelumnya tentang Error Livin by Mandiri yang error pada Oppo Reno 2F. Yang menjadi penyebabnya adalah perlunya update menjadi Android 11. Update Android tersebut adalah ColorOS 11, berikut ini kita akan membahas tentang 8 fitur ColorOS 11 yang menjadi unggukan.

Tampaknya belum semua smartphone Oppo Reno Series mendapatkan update ColorOS 11 sebagai perwujudan Android 11. Mengapa demikian? Mungkin saja mereka melakukan update secara bertahap. Kebetulan untuk region Indonesia belum kebagian.

8 Fitur ColorOS 11 yang menjadi unggulan

Dalam pembahasan pada situs Gizmochina, ada 8 fitur yang menjadi andalan ColorOS 11 pada smaprhone Oppo. Apa sajakah fitur – fitur tersebut?

1. UI Customizations

Fitur yang pertama adalah UI Customizations, merupakan fitur Always On Display yang dimiliki oleh ColorOS 11. Hal ini dimiliki juga oleh MIUI 12 dan EMUI 11 tetapi ColorOS membuatnya berbeda. Mengapa? ColorOS 11 mempersilahkan penggunanya untuk menentukan warna sesuai dengan wallpaper yang mereka gunakan. Fitur ini mirip dengan yang dimiliki oleh OxygenOS 11 milik One Plus.

Pada ColorOS 11 juga diterapkan fitur milik Pixel yaitu Personalized customization page. Ini membuat semakin menarik untuk menggunakan ColorOS terbaru milik Oppo.

2. OPPO Relax 2.0

Sebenarnya Oppo Relax ini sudah hadir di ColorOS 7 tetapi pada versi ColorsOS 11 disempurnakan lagi. Oppo Relax 2.0 hadir dengan fitur Sound Mix, sehingga penggunan bisa memilih sendiri variasi sound yang diinginkan. Apa saja jenis suara tersebut? Kita bisa memilih beragam jenis suara seperti natural, urban, ASMR, dan setiap hari bisa kita pilih sesuai dengan keinginan.

3. Three-Finger Translate

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan sistem Android menggunakan fitur Three-Finger untuk screenshot. Bagaimana dengan di ColorOS 11? Oppo telah bekerjasama dengan Google memanfaatkan fitur three-finger untuk translate secara langsung.

4. FlexDrop

FelxDrop adalah kemampuan untuk melakukan minimize ukuran window dari setiap aplikasi. Tentu saja ini bertujuan untuk meningkatkan multi tasking pada smartphone OPPO. Hal ini juga dilakukan Xiaomi pada MIUI 12,  Huawei dengan EMUI 11 dan Meizu dengan Flyme 8.1 yang menerapkan cara yang sama.

5. Private System

Untuk urusan private, OPPO melakukan seperti pada Samsung’s AltZLife pada Galaxy A51 and Galaxy A71 tapi dengan cara yang berbeda. OPPO mengizinkan pengguna untuk mengaktifkan sistem keamanan menggunakan password atau fingerprint.

6. Performance Improvements

Pada saat OPPO memperkenalkan UI 2.0 yang membuatnya menjadi lebih smooth. Pada UI 2.0 ini, memaksimalkan RAM sebesar 45%, meningkatkan respon rate sebanyak 32% dan frame rate stabil sebesar 17%.

Penggunaan aplikasi AI menurunkan waktu loading dari setiap aplikasi. Peningkatan ini juga didukung oleh sistem Hyper Boost 3.0 yang meningkatkan efisiensi di sisi penggunaan baterai dan juga CPU. Apa yang terjadi kemudian? Penggunaan energy (dalam hal ini baterai) menurun sebanyak 12%.

7. Battery-related Features

Dengan fitur Super Power Saving Mode, OPPO mengklaim bahwa dengan baterai 5% bisa tetap menggunakan aplikasi Whatsapp selama 90 menit. Sepeti yang kita ketahui bahwa aplikasi Whatsapp jika aktif maka akan membutuhkan konsumsi daya yang tidak sedikit. Dengan adanya peningkatan fitur di ColorOS 11 bisa menjadi sebuah solusi untuk kehidupan sehari – hari kita.

8. OPPO Open Platform

Google’s CameraX API telah diaktifkan dan OPPO diijinkan untuk menggunakan fitur dari aplikasi camera pihak ketiga. Fitur apa saja yang telah diaktifkan? Fitur tersebut adalah Ultra Steady Video stabilization dan Super Wide-Angle (untuk mengakses ultra-wide angle camera).

Bagaimana dengan ColorOS 11? OPPO membuka juga untuk fitur Video HDR pada aplikasi kamera pihak ketiga. Semakin terbuka saja sekarang sistem operasi ColorOS 11 ya teman – teman.

Itu adalah 8 fiur andalan dari ColorOS 11 yang dimiliki oleh Oppo. Apakah kalian adalah salah satu pengguna Oppo? Apakah sudah mendapatkan update ColorOS 11?

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan hari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa bantu Ikirangga lho, bagikan artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Gravatar Image
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published.