Android tutorial

5 langkah menyembunyikan folder di smartphone Android

Advertisement Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan di ekosistem mobile dan menawarkan kemudahan untuk modifikasi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena...

Written by Rangga Wijaya · 1 min read >
Advertisement

Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan di ekosistem mobile dan menawarkan kemudahan untuk modifikasi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena Google memang  menyatakan bahwa Android bisa kita bisa modifikasi sesuai dengan selera kita sebagai vendor smartphone. Misalnya Xiaomi memiliki ciri khusus dalam hal tampilan dan hal ini tidak sama dengan Samsung. Bagaimana dengan kita sebagai end-user? Kita juga bebas melakukan modifikasi seperti contohnya hal yang akan kita bahas nanti yaitu 5 langkah menyembunyikan folder di smartphone Android. Tentu saja hal ini tidak akan bisa kita lakukan jika menggunakan smartphone dari Apple yaitu iPhone.

Apakah hal ini penting? Tentu saja ini saya kembalikan kepada teman – teman sebagai user smartphone Android. Setiap orang memiliki kepentingan masing masing ketika melakukan modifikasi atau melakukan sesuatu yang berbeda pada smartphone Android. Salah satu yang bisa dilakukan seperti menyembunyikan folder ini.

Sebelumnya kita pernah membahas tentang GB Whatsapp yang merupakan Whatsapp Mod dari Whatsapp. Ini sama halnya dengan yang akan kita lakukan tetapi hal ini lebih sederhana. Kita tidak akan mengubah apapun tetapi hanya memanipulasi sedikit saja.

5 langkah menyembunyikan folder

Untuk melakukan sesuatu kita membutuhkan beberapa langkah supaya apa yang diinginkan berhasil. Hal ini juga berlaku untuk menyembunyikan folder di smartphone Android, ada 5 langkah yang harus kita lakukan.

  1. Langkah pertama adalah install aplikasi explorer di smartphone Android. Saya menyarankan menggunakan File Commander, mengapa? Karena File Commander ada setting-an untuk melihat hidden file atau folder. Bagaimana jika saya tidak inging menggunakan File Commander? Bisa saja tapi pilih yang bisa melihat file hidden ya.File Commander Play Store
  2. Sekarang buka File Commander (dalam tutorial kali ini saya menggunakan aplikasi ini ya) dan lakukan custom setting. Buka menu setting pada File Commander lalu kita aktifkan Show hidden files and folder.kita melakukan custom untuk file commander setting
  3. Sekarang kita menuju ke storage penyimpanan dan masing – masing smartphone Android berbeda – beda. Ada yang mempunyai 2 storage, external dan internal tapi ada juga yang hanya mempunyai 1 storage saja yaitu internal storage, contohnya Google Pixel 2 XL milik saya.
  4. Buat sebuah folder pada storage yang telah kita tentukan, misalnya folder ABC lalu tambahkan titik (.) di depannya menjadi .ABC, mengapa demikian? Karena pemberian folder yang menggunakan tanda titik di depan nama folder ini akan otomatis tersembunyi. Mengapa kita jalan langkah kedua? Karena kita tidak akan bisa membuat nama folder + tanda titik di depan namanya jika fitur Show hidden file and folder tidak di aktifkan.sekarang kita membuat-folder
  5. Setelah membuat folder dengan tanda titik (.) di depan nama folder selesai, sekarang kita non-aktifkan menu Show hidden file and folder. Apa yang terjadi? Folder yang telah kita buat tadi otomatis akan hilang dari hadapan kita.Menyembunyikan folder yang telah kita buat

Tujuan menyembunyikan folder di Android

Sebenarnya apa sih tujuan kita membuat hidden folder ini? Tentu saja tujuannya untuk menyembunyikan file tertentu dari orang lain. Misalnya kita ada photo, surat atau video rahasia yang kita simpan di smartphone Android tanpa muncul di album atau file explorer biasa.

Sekarang teman-teman sudah bisa membuat folder di smartphone menjadi hidden dan bisa menyembunyikan sesuatu di sana. Yang perlu diingat, jangan gunakan untuk hal – hal yang tidak baik ya cara ini :D.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di blog ini berguna untuk kita semua. Teman – teman bisa membantu share di media sosial supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Written by Rangga Wijaya
Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *