Transfer file dari Google Drive ke cloud storage lain

Transfer file dari Google Drive ke cloud storage lain

Posted on

Cloud storage sekarang memang banyak digunakan oleh orang di dunia ini, bisa versi gratis atau versi berbayar. Sebagai contohnya Google Drive, Dropbox, Mediafire dan masih banyak lagi dan tentu saja mereka memiliki versi gratis dan berbayar. Apakah kita bisa transfer file antar cloud? Misalnya kita menggunakan Google Drive, seperti layaknya hardisk kita bisa transfer file dari Google drive ke cloud storage lain.

Apa yang membedakan transfer antar cloud storage dan hardisk? Jika kita transfer antar hardisk, kita menggunakan PC/Laptop sebagai media yang menghubungkan dua hardisk. Bagaimana dengan cloud storage? Untuk hal ini, kita membutuhkan perantara sebuah website untuk melakukan transfer antar cloud storage. Untuk menggunakan layanan di website MultiCloud, kita bisa memilih untuk menggunakan fasilitas free atau berbayar. Jika kita belum ada dana dan kebutuhannya tidak terlalu besar, kita bisa memilih menggunakan fasilitas yang free.

Fasilitas MultiCloud free plan

  1. Untuk data traffic, kita akan mendapatkan 30 GB data traffic/month. Menurut saat ini lebih dari cukup jika kebutuhan tidak terlalu besar.
  2. Tipe server yang didapat adalah General Server. Namanya juga gratis tentunya akan diberikan fasiitas yang bisa diakses oleh masyarakat umum.
  3. Untuk technical support kita akan mendapatkan prioritas normal. Walaupun kita menggunakan free plan, kita tetap akan mendapatkan technical support. It’s OK walaupun tipenya yang normal, namanya juga gratisan.

Cara add cloud drives di Multicloud

  1. Daftar terlebih dahulu harus registrasi di website MultiCloud. Kita bisa pilih yang free plan saja jika keperluannya hanya untuk sekali – sekali.
  2. Setelah daftar dan aktivasi akun, sekarang waktunya kita login ke MultiCloud.
  3. Sekarang kita sudah berada di dashboard MultiCloud, sekarang waktunya kita menambahkan cloud storage yang kita. Bagaimana caranya? Dengan cara klik menu add Cloud Drives yang ada pada sisi kanan.
  4. Setelah kita klik menu add cloud drives, kita akan dihadapkan pada beberapa jenis cloud drive. Sekarang kita pilih jenis cloud storage yang kita punya, misalnya Google Drive. Setelah itu kita klik menu next yang ada di sisi kanan bawah.
  5. Pada bagian ini kita bisa memberi nama Google Drive yang akan kita integrasikan. Kemudian klik tombol Add Google Drive Account untuk melakukan login ke Google Drive tersebut.
  6. Sekarang Google Drive sudah masuk ke daftar Cloud Storage di MultiCloud.

Satu Cloud Storage sudah berada di akun MultiCloud dan bagaimana cara memasukkan cloud storage lainnya? Kita ikuti saja langkah di atas dan pilih jenis cloud storage yang ingin dimasukkan.

Cara Transfer file dari Google Drive ke drive lain

Setela kita mengintegrasian 2 atau lebih cloud storage, maka sekarang kita akan bahas cara transfernya. Mari kita bahas langkah – langkah berikut ini.

  1. Pada dashboard tersebut kita bisa melihat menu Cloud Transfer.
  2. Klik menu Cloud Transfer lalu kita akan dihadapakan pada tampilan 2 kotak panjang. Satu kotak sebagai cloud drive sumber dan 1 kotak sebagai cloud drive tujuan. Di sini kita bebas memilih langsung kepada folder yang akan di transfer atau secara keseluruhan isi cloud drive.
  3. Setelah itu kita pilih transfer now untuk memulai transfer dari 1 cloud drive ke cloud drive yang lainnya.

Setelah selesai transfer, kita periksa folder yang kita transfer tadi apakah sudah tertransfer semua atau belum. Jika isinya sudah sama dengan folder sumber maka transfer yang kita lakukan berhasil.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel tentang Transfer file dari Google Drive ke cloud storage lain ini berguna untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu Ikirangga untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.