Top up e-money mandiri dengan mudah dan cepat
Sumber: Bank Mandiri

Top up e-money Mandiri yang mudah dan cepat

Posted on

Indonesia berada pada masa perkembangan teknologi di jaman modern. Salah satu contohnya adalah menggunakan e-money sebagai salah satu sarana pembayaran. Kita bisa menggunakannya untuk membayar tol, belanja di Indomart dan berbagai kepeluan lainnya. Selain bisa menggunakannya, bagaimana sih top up e-money Mandiri dengan mudah dan cepat?

Untuk yang pertama kali menggunakannya, tentu akan bertanya banyak hal tentang kartu e-money ini. Dalam hal ini saya memberikan contoh menggunakan e-money dari Bank Mandiri. Mengapa? Karena saya hanya menggunakannya untuk membayar jalan tol. Jadi di kota kami tercinta, Dumai, sekarang sudah ada jalan tol menuju Pekanbaru dan jika ingin cepat maka menggunakan jalan tol. Mungkin untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan maka pembayaran di tol menetapkan satu pembayaran saja, yaitu menggunakan e-Money.

Cara mudah Top up e-money Mandiri

Menurut saya ada 4 cara mudah untuk melakukan top up e-money mandiri yang bisa teman – teman coba. Asalkan ada kemauan dan tidak takut salah, saya yakin teman – teman bisa.

A. Menggunakan smartphone Android

Untuk cara yang pertama kita bisa menggunakan smartphone Android yang telah di install aplikasi Mandiri Online. Selain ada Mandiri Online, ada baiknya smartphone Android terdapat fitur NFC, mengapa? Nanti akan kita bahas mengapa kita butuh fitur NFC.

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk melakukan top up emoney dengan menggunakan smartphone Android.

  1. Sekarang kita buka terlebih dahulu aplikasi Mandiri Online dan lakukan login.

    Sumber: Bank Mandiri

  2. Setelah login akan terlihat beberapa menu dan salah satunya adalah menu e-money Mandiri. Sekarang kita pilih menu emoney tersebut dan akan terlihat tampilan menu e-money.

    Sumber: Bank Mandiri

  3. Selanjutnya pilih menu “Isi Ulang e-money” dan kita akan diarahkan ke halaman yang lain. Pada halaman ini kita akan menentukan no rekening mana yang akan digunakan untuk top up emoney Mandiri.
  4. Sekarang kita pilih terlebih dahulu kartu emoney Mandiri yang akan kita isi. Pada tahap ini, jika smartphone Android mendukung fitur NFC maka kita menempelkan saja kartu emoney dan secara otomatis akan terbaca no kartunya. Bagaimana jika tidak ada fitur NFC? Maka kita tulis manual no kartu emoney Mandiri yang akan di top up.

    Sumber: Bank Mandiri

  5. Pada langkah ini kita sudah memilih No rekening yang akan digunakan untuk top up emoney mandiri lalu no kartu emoney. Jangan lupa untuk menuliskan nominal yang akan kita top up ke kartu emoney. Setelah dipenuhi semua kolomnya maka kita bisa klik tombol lanjut atau next lalu memasukkan MPIN* untuk melakukan top up.
  6. Nah sekarang top emoney sudah berhasil dilakukan melalui

*MPIN adalah PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi, PIN ini sama dengan PIN SMS Banking.

B. Melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Cara top up emoney yang kedua adalah dengan menggunakan mesin ATM. Walaupun terkadang cara ini terlihat tidak keren tapi ini adalah solusi bagi smartphone yang tidak punya fitur NFC. Mengapa? Karena bisa sekalian update saldo dengan menggunakan mesin ATM. Jadi kartu ATM yang bisa digunakan adalah kartu ATM Mandiri dan Kartu ATM yang berlogo ATM bersama.

Berikut ini adalah langkah yang harus kita lalui ketika melakukan top up emoney Mandiri menggunakan mesin ATM.

1. Kartu ATM Mandiri

  1. Pertama kali kita masukkan kartu mandiri debit di mesin atm
  2. Kemudian masukkan PIN kartu ATM yang kita miliki
  3. Kita akan dihadapkan beberapa menu lalu pilih menu “e-money”.
  4. Selanjutnya menu “isi ulang”.
  5. Pada tahap ini kita pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol. Bagaimana jika saya ingin mengisi jumlahnya berbeda dengan layar? Maka kita pilih jumlah lainnya dan isi sesuai dengan jumlah yang kita inginkan.
  6. Akan ada sebuah konfirmasi tentang jumlah nominal isi ulang, dan tekan “Ya” jika jumlah tersebut sudah sesuai.
  7. Sekarang kita letakkan kartu mandiri e-money pada reader bertanda logo isi ulang.
  8. Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo mandiri e-money bertambah.

2. Kartu ATM Berlogo ATM BERSAMA

  1. Pertama kita masukkan kartu debit berlogo ATM Bersama di mandiri atm
  2. Lalu kemudian kita masukkan PIN kartu
  3. Pada tahap ini kita pilih “Transaksi Lainnya”
  4. Lalu kemudian “Mandiri Prabayar”
  5. Kemduain kita pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol atau jumlah lainnya
  6. Akan ada konfirmasi jumlah nominal isi ulang, jika sudah sesuai tekan “Ya”
  7. Selanjutnya tempelkan kartu mandiri e-money pada reader bertanda logo isi ulang
  8. Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo mandiri e-money bertambah

C. Melalui e-commerce

Cara ketiga dengan melakukan top up emoney Mandiri melalui e-commerce seperti misalnya Tokopedia. Saya mencontohkan salah satu e-commerce saja dalam hal ini.

  1. Buka aplikasi tokopedia yang telah diinstall di smartphone Android teman – teman.
  2. Setelah itu cari menu Top-Up & Tagihan kemudian klik pada menu tersebut.
  3. kemudian teman – teman akan menemukan menu “Uang Elektronik”.
  4. Kita akan dihadapkan pada sebuah halaman yang terdapat beberapa jenis uang elektronik. Di sini kita pilih Mandiri e-Money lalu ketikan nomor kartu emoney Mandiri kita.
  5. Kemudian pilih nominal yang akan di top up.
  6. Lalu pilih beli, pada tahap ini kita akan diminta untuk melakukan pembayaran dengan beberapa pilihan. Jika saya biasanya akan memilih menggunakan virtual account.

D. Melalui Indomaret

Ini adalah cara yang paling mudah dan paling simpel, mengapa? Karena kita tinggal bilang sama mbak atau mas kasirnya, “Mbak/Mas mau top up emoney Mandiri” lalu mereka akan menanyakan nomor kartu kita. Selanjutnya ikuti saja instruksi yang mereka berikan.

Cara update saldo

Apakah setelah kita top up emoney Mandiri maka saldo akan langsung terupdate? Jawabannya adalah TIDAK. Kita perlu melakukan update saldo sehingga saldo emoney akan tampil di kartu e-money yang kita miliki. Bagaimana caranya?

A. Menggunakan Mobile Online

Seperti yang saya sampaikan di awal tadi bahwa cara ini berlaku untuk teman – teman yang smartphonenya mempunyai fitur NFC. Berikut ini adalah langkah untuk update saldo e-money Mandiri menggunakan Mandiri Online.

  1. Kita harus login terlebih dahulu di Mandiri Online yang kita sudah punya sebelumnya.

    Sumber: Bank Mandiri

  2. Kemudian kita pilih menu e-Money dan langsung akan berjumpa dengan beberapa menu. Salah satu dari menu tersebut adalah lihat/perbarui update saldo.

    Sumber: Bank Mandiri

  3. Kita pilih menu Lihat/Perbarui Saldo dan akan diminta untuk menempelkan kartu emoney Mandiri. Segera tempelkan dan dalam seketika saldo kita sudah update.

B. Menggunakan mesin ATM

  1. Kita pergi ke mesin ATM dan memencet tombol ACCEPT ditahan agak lama sampai muncul menu dengan layar biru. Pada layar tersebut akan muncul empat menu yaitu Mandiri e-Cash, Mandiri e-Money, LinkAja dan tombol Exit.

    Sumber: Bank Mandiri

  2. Karena kita akan melakukan update saldo emoney Mandiri, maka kita pilih menu Mandiri e-Money.
  3. Setelah itu kita akan berhadapan pada sebuah layar dengan menu yang berhubungan dengan Mandiri e-Money. Seperti menu Informasi Saldo, History Transaksi, Update Saldo dan Exit.
  4. Sekarang kita pilih Update Saldo dan kita akan diarahkan untuk menempelkan kartu emoney Mandiri. Selamat saldo yang telah kita isi tadi telah terupdate.

Bagaimana dengan langkah – langkah diatas tentang top up emoney Mandiri? Semoga mudah untuk diikuti dan jangan lupa untuk selalu update saldo setelah melakukan top up emoney Mandiri.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa bantu ikirangga untuk share kepada yang lain supaya lebih banyak yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.