Saldo e-money tidak bertambah
Sumber: Bank Mandiri

Saldo e-money tidak bertambah setelah melakukan top up

Posted on

e-Money sekarang sedang booming di daerah selain Jakarta dan Medan karena adanya pembangunan jalan tol di beberapa daerah. Pada praktek pembayaran jalan tol ini, pemerintah mewajibkan untuk menggunakan kartu e-money atau tanpa uang tunai lagi. Ada beberapa kasus, kita sudah melakukan top up tetapi mengapa saldo e-money tidak bertambah. Tetap tenang dan jangan panik, mengapa? Karena jika panik tidak akan bisa berfikir secara jernih.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas cara yang mudah dan cepat untuk melakukan top up e-money Mandiri. Saya juga membahas hal yang wajib untuk dilakukan ketika kita telah melakukan top up e-money Mandiri.

Saldo e-money tidak bertambah

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas juga tentang hal ini tetapi memang tidak terlalu detail. Berdasarkan pengalaman saya ketika menggunakan kartu elektronik dari Bank Mandiri, setidaknya ada dua sebab saldo kita tidak bertambah.

1. Belum update saldo

Hal pertama ini memang belum terlalu familiar jika kita adalah pengguna baru kartu e-money. Mengapa? Karena berdasarkan feeling kita, jika sudah melakukan top up maka masalah selesai tapi apa yang terjadi? Ya walaupun ini bukan sebuah masalah besar tetapi ketika panik, ini akan menjadi masalah yang cukup besar. Sebenarnya di situs Bank Mandiri sudah dijelaskan bahwa kita harus update saldo.

Di mana saja kita bisa update saldo e-money ini, mas Rangga?

Kita bisa update saldo di beberapa tempat dan bahkan ada satu tempat yang berada dekat dengan kita. Tempat yang bisa digunakan untuk update saldo e-money Mandiri, yaitu :

  • Mandiri Online (Ini ada digengaman tangan kita di smartphone yang biasa kita bawa) tapi untuk menggunakan fitur ini wajib ada fitur NFC di smartphone teman – teman.
  • Mesin ATM (Ini bisa kita temui di kantor cabang Bank Mandiri dan tempat umum seperti pusat perbelanjaan)
  • Merchant Offline (Indomart, Alfamart, dan lain – lain)

2. Ada gangguan jaringan

Namanya juga sistem yang dibuat oleh manusia biasa terkadang terdapat kendala teman – teman. Gangguan jaringan ini mungkin saja terjadi. Mengapa? Karena memang semua transaksi sekarang menggunakan jaringan, mau bank apa saja sama saja, tetap menggunakan sistem jaringan.

Lalu bagaimana solusinya?

Nah kita bisa langsung datang ke Bank Mandiri terdekat dan menyampaikan permasalah yang kita hadapi. Dalam hal ini bisa dibilang kita membuat sebuah pengaduan, apakah akan lama penyelesaiannya? Tergantung permasalahannya. Untuk kasus ini kemungkinan cepat, tetap tenang karena kita akan diberitahukan kapan SLA masalah tersebut akan diselesaikan.

Nah itu adalah penyebab mengapa saldo e-money tidak bertambah setelah kita melakukan top up. Segera datang ke cabang  jika menemui hal tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa membantu Ikirangga untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.