Perbedaan beberapa fitur tiktok dan tiktok lite dan wajib tahu

Perbedaan beberapa fitur tiktok dan tiktok lite dan wajib tahu

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Tiktok? Saya yakin pasti kita kenal dengan aplikasi yang satu ini. Sebuah aplikasi yang bisa gunakan untuk membuat sebuah video pendek dengan kombinas musik. Pada tahun 2020 Tiktok meluncurkan Tiktok Lite yaiu versi mini dari aplikasi Tiktok. Tentu saja ada perbedaan beberapa fitur Tiktok dan Tiktok Lite. Hal ini yang akan kita bahas ada artikel pada hari ini.

Aplikasi Tiktok awalnya dikenal orang sebagai sebuah aplikasi anak “Alay” karena konten creatornya joget – joget di rekam. Tidak semua orang mau menerima aplikasi Tiktok dan orang yang bully waktu bernama Bowo yang sempat viral dan dijuluki raja tiktok. Saya lihat  sekarang aplikasi Tiktok tidak hanya berisi konten joget – joget tidak jelas tapi juga ada beberapa yang membuat video tutorial. Saya berfikir bahwa ini seperti layaknya mini Youtube.

Perbedaan beberapa fitur tiktok dan tiktok lite

1. Ukuran File

Hal yang pertama adalah dari segi ukuran file yang sangat encolok diantara keduanya. Untuk aplikasi Tiktok sebesar 89 MB sedangkan Tiktok Lite hanya 48 MB saja. Untuk ukuran filenya memang tampak lebih ramping untuk aplikasi Tiktok Lite, teman – teman.

2. Kapasitas download

Aplikasi Tiktok reguler memiliki kapasitas download sebesar 75 MB sedangkan Aplikasi Tiktok Lite sebesar 21 MB. Jika kita perhatikan kedua aplikasi ini berbeda setengahnya atau bahkan lebih untuk kapasitas downloadnya.

3. Fitur

Dari ukuran yang ramping tersebut, ternyata ada beberapa fitur yang tidak hadir di Aplikasi Tiktok Lite. Apa saja fitur tersebut? Nah ini adalah fitur yang absen atau tidak termasuk ke dalam aplikasi Tiktok Lite yaitu fitur block list, digital wellbeing, livephoto, hingga wallet tak tersedia.

4. Tampilan UI

Untuk tampilan awal, kedua aplikasi ini memiliki tampilan yang sama, yaitu sama – sama memiliki lima tab. Apa saja lima tab tersebut? Tab home, search, upload, inbox, dan profil tetapi yang membedakannya adalah pada tab inbox. Khusus untuk tab yang satu ini, Tiktok membedakannya untuk versi original dan versi lite.

Kemudian untuk Tiktok original tidak kita temukan logo petir di sampingnya dan ini hanya milik Tiktok Lite. Menurut pendapat saya, simbol petir itu sebagai pesan bahwa Tiktok Lite itu menganut paham kecepatan layaknya petir.

5. Durasi video

Sekarang kita lanjut ke perbedaan yang kelima yaitu untuk durasi video yang diijinkan oleh kedua aplikasi ini, Tiktok dan Tiktok Lite. Untuk Aplikasi Tiktok durasi video yang diijinkan untuk diupload maksimal 3 menit sedangkan Tiktok Lite maksimal 15 detik saja. Jadi jika teman – teman hobi mengupload video yang panjang maka Tiktok Lite bukanlah pilihan yang tepat.

6. Spesifikasi smartphone

Jika kita sudah melihat ulasan yang sebelumnya maka Tiktok Lite itu “ramah” dengan spesifikasi “HP Kentang”. Artinya apa?  Dengan spesifikasi smartphone Android yang tidak terlalu tinggi, kita sudah bisa menjalankan aplikasi Tiktok Lite dengan lancar jaya.

Cara mendapatkan aplikasi Tiktok dan Tiktok Lite

Jika ada pertanyaan yang seperti di atas maka saya akan langsung memberitahukannya. Teman – teman bisa langsung download di Play Store untuk Aplikasi Tiktok Lite dan Aplikasi Tiktok. Setelah download aplikasinya, kita sudah bisa mulai berkreasi dengan membuat video yang bermanfaat di Tiktok.

Nah itu adalah beberapa hal yang membedakan aplikasi Tiktok dan Tiktok lite. Kita bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi smartphone Android yang dimiliki.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di hari ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, teman – teman juga bisa bantu Ikirangga untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.