Ikirangga

Penyebab Gmail dan Youtube Down telah dijawab oleh Google

Sumber: Freepik

Sebelumnya Ikirangga sudah share tentang layanan Gmail dan Youtube yang tiba – tiba down dan menimbulkan kehebohan yang luar biasa. Apakah penyebab Gmail dan Youtube down ini akan terjawab? Seperti yang kita ketahui, kemarin Google belum angkat bicara terkait peristiwa yang terjadi ini. Tentu saja ini menimbulkan tanda tanya yang sangat besar untuk penggunanya. Bisa saja akan menimbulkan spekulasi dalam pikirang pengguna Gmail dan Youtube.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna layanan Google ini bukan hitungan puluhan tapi sudah puluhan juta di seluruh dunia. Tentu saja dengan adanya peristiwa Gmail dan Youtube Down akan membuat sebuah kekhawatiran mereka akan Google.

Dalam kejadian tersebut tidak hanya Gmai dan Youtube saja yang down. Ternyata layanan lainnya juga ikut down seperti Google Drive, Google Hangouts, hingga Google Meet.

Penyebab Gmail dan Youtube Down

Akhirnya Google menjawab pertanyaan mengapa Gmail dan Youtube Down kemarin. Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena masalah kuota penyimpanan internal. Tentu saja hal ini menepis bahwa adanya serangan cyber yang menyebabkan hal tersebut.

Juru bicara Google berkata bahwa layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk, mengalamai tingkat kesalahan yang tinggi. Tentu saja Google menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna layanan Google. Mereka berjanji untuk kedepannya akan melakukan peninjauan tindak lanjut menyeluruh untuk memastikan masalah serupa tidak terulang di masa mendatang.

Yang penting sekarang, kita sudah bisa lagi mengakses semua layanan Google dan bisa menikmati lagi kemudahannya. Nobody is perfect and the system is not perfect too. Mengapa? Karena sistem adalah buatan tangan manusia yang tidaklah sempurna sehingga kejadian ini tentu saja bisa menimpa siapa saja.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa membantu Ikirangga untuk share kepada yang lain supaya lebih banyak yang tahu.

Exit mobile version