Aplikasi Intra pada smartphone Android

Aplikasi Intra pada smartphone Android dan wajib digunakan

Posted on

Isu keamanan dalam menggunakan jaringan internet masih saja menjadi sebuah ketakutan yang luar biasa. Banyak hal yang bisa kita dapatkan menjadi sebuah ketakukan, contohnya pencurian data atapun hal lain yang bisa merugikan. Dahulu kala kita banyak melakukan aktivitas internet dengan menggunakan PC atau laptop. Sekarang, kita banyak melakukan aktivitas tersebut dengan menggunakan smartphone Android. Aplikasi Intra pada smartphone Android bisa menjadi sebuah solusi untuk isu keamanan tersebut.

Intra melakukan klaim bahwa mereka lebih cepat daripada sebuah VPN. Aplikasi Intra pada smartphone Android bisa digunakan untuk melindugi kita dari DNS manipulation. Apakah DNS manipulation? Jadi itu adalah sejenis serangan dunia maya yang digunakan untuk memblokir akses ke situs berita, platform media sosial, dan aplikasi perpesanan.

Fitur pada aplikasi Intra

Setelah kita mengenal aplikasi Intra, apa saja fitur yang di tawarkan oleh aplikasi tersebut? Apakah sangat berguna untuk pengguna smartphone Android?

  • Dengan menggunakan Intra, kita bisa bebas untuk mengakses website atau aplikasi yang telah di block oleh DNS manipulation.
  • Yang menggembirakan adalah tidak ada batasan data pada Intra atau bisa dikatakan No limit. Tentu saja ini tidak kita dapatkan ketika menggunakan sebuah aplikasi VPN.
  • Hal yang perlu diketahui adalah aplikasi ini bersifat Open-source. Artinya setiap orang diijinkan untunk berkontribusi mengembangkannya. Jika kita mampu maka kita bisa ikut serta mengembangkan untuk memajukan aplikasi Intra.
  • Mereka menjanjikan bahwa tidak akan melakukan tracking terhadap aktifitas selama menggunakan aplikasi Intra. Jadi mereka menjamin bahwa informasi yang kita miliki bersifat private.
  • Kita bisa melakukan Customize DNS dari salah satu DNS server provider. Ada 3 DNS server yang bisa kita gunakan yaitu PureDNS, Google dan Cloudflare. Kita bisa gunakan salah satu saja.

DNS Server

Tadi saya telah menyebutkan tentang DNS Server, sebenarnya apa sih itu? Jadi DNS Server adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan alamat domain Anda menjadi IP address yang lebih dipahami oleh komputer. Pengertian ini saya dapatkan dari sebuah blog bernama Golden Fast Network.

Sekarang kita langsung ke intinya saja, sebenarnya alamat DNS Server yang bagaimana yang harus kita gunakan?

  1. PureDNS: https://puredns.org/dns-query
  2. Google: https://dns.google/dns-query
  3. Cloudflare: https://cloudflare-dns.com/dns-query

Nah salah satu dari 3 DNS Server tersebut yang harus kita gunakan pada aplikasi Intra. Bagaimana cara menggunakannya? Setelah tulisan ini selesai, saya akan coba buatkan tutorial cara menggunakan aplikasi Intra.

Mendapatkan aplikasi Intra

Ini adalah pertanyaan yang cukup simpel, setelah kita tadi membahas begitu banyak tentang aplikasi Intra. Dimanakah kita mendapatkan aplikasi ini? Tenang saja, sahabat Ikirangga bisa langsung mendapatkanya di Google Play Store.

Bagaimana teman – teman? Apakah masih mau menjelajah di dunia maya ini tanpa ada pengamannya? Ayo kita gunakan Aplikasi Intra di smartphone Android yang kita miliki.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya share di pagi hari ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Oya, teman – teman juga bisa bantu Ikirangga dan semua orang untuk share kembali artikel ini sehingga lebih banyak orang yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.