6 tips menjaga keamanan data pribadi di media sosial

6 Tips menjaga keamanan data pribadi di media sosial

Posted on

Media sosial adalah sebuah sarana yang digunakan orang – orang untuk berinteraksi dalam berbagi ide atau gagasan dalam suatu jaringan. Tentu saja media sosial ini berfungsi juga untuk mengenalkan brand yang kita punyai supaya lebih dikenal oleh masyarakat di dunia maya. Apakah ada hal sensitif yang harus kita hindari di media sosial? Tentu saja ada, misalnya tentang data pribadi. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 6 tips menjaga keamanan data pribadi di media sosial dan ini sangat penting.

Menurut saya, data pribadi itu ibarat nyawa kedua bagi kita semua. Mengapa? Orang bisa mengetahui semua tentang kita berasal dari data pribadi yang kita punyai. Apa saja bentuk data pribadi? Mulai dari yang paling simpel, nama lengkap yang kita miliki lalu tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, kegiatan apa saja yang sedang kiat kerjakan. Bahkan teman – teman, rencana perjalanan yang kita akan lakukan bisa menjadi sebuah data pribadi.

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika semua hal tenta kita diketahui oleh banyak orang?

6 Tips menjaga keamanan data pribadi

Seperti yang saya telah tuliskan tadi bahwa ada beberapa tips yang telah saya rangkum dari Kaspersky tentang keamanan data pribadi. Hal ini yang sering luput dari pengawasan dan menurut kita hal tersebut adalah sepele.

  1. Menghindarkan publikasi terhadap rencana yang akan kamu lakukan, misalnya rencana liburan atau balik kampung. Mengapa hal tersebut bisa sangat berbahaya? Karena rumahmu adalah salah satu target dari tindak kejahatan atau bahkan dirimu sendiri. Mereka akan mengetahu bahwa kamu akan pergi dalam jangka waktu yang lama.
  2. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting yaitu jangan terlalu mengungkap informasi pribadi di media sosial.
  3. Menghindari share location di media sosial. Mengapa hal ini menjadi sangat berbahaya? Apa lagi bagi yang gemar upload photo kegiatan dan menyertakan share location di setiap file yang di upload. Ada baiknya fitur ini di non-aktifkan saja karena menurut saya hal ini tidak perlu untuk di share untuk setiap kegiatan yang kita lakukan.
  4. Hindari untuk mengikuti kuis online dari sumber yang tidak jelas. Mengapa? Karena kemungkinan  untuk pencurian data pribadi sangat besar di media sosial.
  5. Berhati – hati dengan giveaway ataupun kontes secara online. Kita tidak tahu apakah itu memang di selenggarakan secara resmi atau tidak. Walaupun sebenarnya memang acara giveaway itu sah tetapi tidak menutup kemungkinan ada giveaway “bodong”. Tentu saja ini akan berpotensi menyebabkan penipuan terselubung.
  6. Pastikan melakukan update password di media sosial yang dimiliki. Mengapa hal ini perlu kita lakukan? Karena untuk menghindarkan pencurian akun media sosial.

Itu adalah 6 tips yang sebaiknya teman – teman lakukan untuk menghindarkan sesuatu yang tidak baik di kemudian hari. Tips yang sangat simpel dan bisa langsung kita terapkan ketika menggunakan media sosial.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman Ikirangga juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.