Whatsapp alternative messenger di smartphone Android
Sumber: Google

5 Whatsapp alternative messenger untuk smartphone Android

Posted on

Sejak adanya berita isi tentang privacy pada aplikasi Whatsapp dan hal ini memunculkan sebuah rasa khawatir di kalangan penggunanya. Hal tersebut tampaknya dibantah oleh pihak Whatsapp dengan beberapa statement tentang masalah privacy tersebut. Daripada khawatir, ada baiknya kita juga mencoba 5 Whatsapp alternative messenger sebagai messenger kedua di smartphone Android.

Dampak dari sebuah berita dan statement yang dikeluarkan oleh pemilik produk akan berpengaruh terhadap kepercayaan user. Maka dari itu jika kita mempunyai produk maka jagalah baik – baik kepercayaan user atau customer. Secara logika jika berhubungan dengan privacy maka kita akan mencari alternative messenger.

5 Whatsapp alternative messenger

Tidak perlu bingung dan cemas akan kehilangan sebuah messenger di smartphone kalian. Mengapa? Karena ada 5 messenger yang bisa teman – teman gunakan untuk alternative Whatsapp.

1. Telegram

Telegram messenger merupakan messenger yang tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Mengapa? Karena memang rata – rata teman – teman saya sudah memiliki akun Telegram di smartphone Android. Messenger ini juga bisa menjadi Whatsapp alternative yang bisa digunakan untuk berkirim pesan di dunia maya. Telegram terkenal akan tingkat keamanannya dan hal ini sudah banyak dibuktikan oleh penggunanya.

2. Signal

Jika kita sudah mengenal Whatsapp pastinya kita akan mengenal aplikasi Signal. Mengapa? Karena pendiri Signal merupakan mantan pendiri dari Whatsapp, yaitu Brian Acton. Dia berkata bahwa aplikasi ini tidak akan menggantikan Whatsapp tetapi faktanya bahwa fitur yang ditawarkan Signal tidak kalah dengan Whatsapp dengan tambahan fitur privacy. Sampai dengan tulisan ini saya buat, sudah lebih dari 50 juta orang menginstall aplikasi Signal.

Saya juga telah menggunakan aplikasi ini kurang lebih 2 minggu lamanya. Sejauh ini saya puas dengan fitur yang ditawarkan dan mereka menawarkan privacy messenger, ini yang membuat saya tertarik.

3. QQ Messenger

Untuk messenger alternative yang ketiga adalah QQ Messenger yang berasal dari negeri tirai bambu. Messenger ini merupakan aplikasi paling populer di negerinya dan setiap orang memiliki akun di aplikasi ini. Untuk secara fitur terbilang standar saja tetapi bisa dijadikan Whatsapp alternative messenger. Yang membuat saya tertarik mencobanya adalah emoji yang interactive dan lucu – lucu.

Jika kamu sekarang sedang belajar bahasa Mandarin/Chinese, aplikasi ini bagus untuk dicoba. Mengapa? Karena kamu bisa memilih teman dari negeri tirai bambu untuk bisa diajak chatting. Lumayan untuk mengasah skill bahasa Mandarin kamu. Yang membuat istimewa adalah sudah dilengkapi dengan fitur translate. Jadi tidak akan bingung jika lawan bicara menggunakan huruf kanji Mandarin.

4. BIP

Untuk messenger yang keempat ini memang terasa asing dan tidak pernah kita kenal sebelumnya. BIP Messenger adalah salah satu aplikasi yang berasal dari Istanbul, Turki. Kebetulan saya juga mencoba menggunakan aplikasi ini dan menurut saya nyaman menggunakannya. Sama halnya dengan Signal, sejak berita mengenai Whatsapp tersebut, aplikasi ini banyak diunduh oleh pengguna Android.

Fitur yang ditawarkan seperti messenger, video call, dan kurang lebih seperti layaknya Whatsapp. Oya yang menarik adalah BIP ini bisa langsung terintegrasi dengan aplikasi SMS bawaan smartphone Android. BIP Messenger bisa kita gunakan sebagal Whatsapp alternative messenger pada smartphone Android.

5. Kakao Talk

Ini adalah aplikasi messenger yang sangat terkenal di negeri ginseng, Korea Selatan. Jika kamu adalah penggemar drama Korea Selatan maka akan sering melihat mereka menggunakan aplikasi Kakao Talk ini. Jika kamu sudah bosan dan mencari Whatsapp alternative messenger, Kakao Talk bisa menjadi salah satu pilihan.

Manakah dari 5 Whatsapp alternative messenger yang akan menjadi pilihan teman – teman? Itu saya kembalikan kepada teman – teman, saya lebih menyukain Telegram dan Signal untuk pemakaian harian.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua. Oya, teman – teman juga bisa bantu ikirangga untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu dan tidak hanya berhenti di kamu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.