4 tips memaksimalkan smartphone di bulan Ramadhan

4 Tips memaksimalkan smartphone di bulan Ramadhan

Posted on

Smartphone Android bukanlah menjadi barang yang baru di kalangan masyarakat dunia, khususnya di Indonesia. Pada saat ini setiap orang sudah memiliki smartphone Android dari berbagai macam varian dan disesuaikan dengan budget. Ada beragam tipe dan merk smartphone Android yang beredar seperti Google Pixel, Samsung, Xiaomi, Realme, Huawei, Oppo dan masih banyak lagi. Bagaimana sih cara kita memaksilkan smartphone yang kita miliki di bulan Ramadhan ini? Ada 4 tips memaksimalkan smartphone Android di bulan Ramadhan.

Memaksimalkan fungsi smartphone yang terkadang hanya dianggap sebagai hal yang tidak penting terkadang. Yakinlah kita bisa memaksimalkan smartphone pada saat bulan Ramadhan yang sedang kita jalani sekarang.

4 Tips memaksimalkan smartphone

Hari ini Ikirangga akan share 4 tips penggunaan smartphone di bulan Suci Ramadhan. Apa saja tips yang bisa kita terapkan tersebut?

1. Membaca Al-Quran

Apakah smartphone Android bisa menjadi sebuah Al-Quran? Tentu saja bisa. Kita bisa install aplikasi untuk membaca Al-Quran dan salah satunya adalah Moslem Pro. Selain digunakan sebagai penunjuk waktu ibadah, aplikasi ini menyediakan fitur Al-Quran di dalamnya. Jadi teman – teman bisa membaca Al-Quran walaupun lupa membawa dalam bentuk fisik.

2. Melihat waktu ibadah

Tips yang kedua adalah untuk melihat jadwal atau waktu ibadah sekaligus mengingatkan untuk beribadah. Kita masih menggunakan aplikasi Muslim Pro ataupun menggunakan aplikasi lainnya yang sejenis. Kita bisa memaksimalkan smartphone Android yang kita miliki di bulan Ramadhan. Tentu saja hal ini akan terus bisa kita lakukan selain di bulan Ramadhan, sahabat Ikirangga.

3. Membangunkan makan sahur

Seringkali kita belum tahu jadwal untuk mulai makan sahur, imsak dan waktu berbuka, bagaimana mengetahuinya? Kita bisa mengetahui jadwal tersebut tergantung di mana kita berada, artinya apa? Saat ini saya sedang di berada di kabupaten Bengkalis dan minggu depan saya berada di Dumai. Maka secara otomatis, Aplikasi Muslim Pro bisa mendeteksi keberadaan kita dan mengijinkan kita untuk mengunduh jadwal di Dumai. Mengapa bisa demikian? Karena aplikasi ini langsung mengambil data dari Kemenag dimana kita sedang berada. canggih bukan?

4. Berbuat baik dan beramal

Dengan menggunakan smartphone, kita berbuat dengan cara membangunkan orang lain untuk sahur, misalnya orang tua, istri, abang, dan lain – lain. Tentu saja yang kita bangunkan adalah orang yang kita kenal. Bagaimana jika orang tidak kenal tapi kita tahu no handphonenya? Bisa saja di coba tetapi ikirangga tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang teman – teman terima ya.

Lalu kita bisa berbuat amal juga yaitu dengan cara donasi kepada orang – orang yang membutuhkan. Apa yang bisa kita lakukan? Kita bisa transfer melalui aplikasi Livin untuk nasabah Mandiri.

Itu adalah 4 tips yang akan berguna bagi teman – teman dan saya yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua. Oya, teman – teman juga bisa bantu Ikirangga untuk share artikel ini ke yang lain lagi supaya lebih banyak yang tahu.

Seorang lelaki biasa yang sudah menjadi suami dan seorang ayah. Tertarik dengan blog sejak tahun 2006.